Mengetahui Apa Saja Tips Penggunaan Gadget Untuk Anak Sekolah

Mengetahui Apa Saja Tips Penggunaan Gadget Untuk Anak Sekolah

TIPS PENGGUNAAN GADGET-Mengetahui Apa Saja Tips Penggunaan Gadget Untuk Anak Sekolah--

Oleh karena itu orang tua diharapkan bisa menjadi contoh yang baik untuk mereka, Jika anak sering melihat orangtua atau orang sekitarnya bermain gadget hingga larut malam atau makan sambil main games, bukan tidak mungkin anak akan meniru tindakan ini.

Cara pertama untuk mengatasi kecanduan gadget adalah dengan menjadi contoh yang baik untuk anak, jangan bermain gadget di depan anak dan gunakan gadget sewajarnya.

5.Paham teknologi

Tips penggunaan gadget sudah jadi kewajiban orang tua untuk ikut memahami dan melek teknologi, cari tahu apa saja platform sosial media yang kerap digunakan anak, konten apa yang suka dilihat, dan informasi apa saja yang sering dicari.

Anak-anak cenderung lebih paham dengan canggihnya teknologi dibandingkan dengan orang tuanya, selain itu ibu juga wajib mengetahui apa saja aplikasi yang telah diunduh anak di ponsel yang ia gunakan.

BACA JUGA:6 Penyebab Utama Kerusakan Ponsel yang Sering Terabaikan

6.Hindari asyik dengan gadget 

Jelaskan pada anak pentingnya memiliki waktu yang berkualitas dengan keluarga, termasuk acara keluarga yang melibatkan keluarga besar.

Jika remaja tampak bosan, Anda sebagai orang tua bisa memilih topik pembicaraan yang menarik untuk remaja saat family time maupun memintanya untuk membantu mempersiapkan keperluan acara tersebut.

7.Gunakan platform video khusus anak

Agar streaming video sesuai dengan tontonan anak, arahkan agar hanya boleh mengakses pada platform khusus anak, embari menjelaskan bahwa banyak konten yang tidak boleh diakses karena tidak sesuai usia, menakutkan, dan lain sebagianya.

Informasi yang diberikan pun harus menggunakan kata-kata yang jelas dan sesuai dengan kemampuan maupun usia anak, untuk mengalihkan perhatiannya pada gadget, ajak anak bermain atau berkegiatan lain yang dapat membantu perkembangan motoriknya.

BACA JUGA:9 Tips Mengisi Daya Ponsel agar Performa Gadgetmu Tetap Awet dan Gesit

Tips penggunaan gadget ini orang tua dapat berupaya mengarahkan anak untuk dapat berinisiatif melakukan interaksi dengan tetangga atau dengan teman sebayanya agar anak dapat bermain dengan teman sebayanya ketika sedang melakukan kegiatan yang lain. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: