7 Pinjol yang Cocok untuk Mahasiswa saat Butuh Uang Mendesak

7  Pinjol yang Cocok untuk Mahasiswa saat Butuh Uang Mendesak

Inilah daftar pinjol untuk mahasiswa-Jalan Tikus-

DISWAYJATENG - Mendapatkan pendidikan tinggi adalah impian banyak orang, namun terkadang biayanya menjadi penghalang besar. Kuliah di universitas ternama ataupun mengambil gelar pascasarjana tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Ada beberapa daftar pinjol untuk mahasiswa yang bisa kamu gunakan.

Bagi kamu yang berasal dari keluarga dengan kondisi finansial terbatas, menanggung seluruh biaya pendidikan mungkin terasa sangat memberatkan. Namun, jangan patah semangat, sebab daftar pinjol untuk mahasiswa ini bisa membantu.

Pada intinya, tujuan dari daftar pinjol untuk mahasiswa ini semata-mata hanya untuk membantu para mahasiswa yang membutuhkan uang, baik itu untuk biaya pendidikan hingga kebutuhan yang lain.

Nah, buat kamu yang sedang mencari pinjaman, kamu bisa menggunakan beberapa dari daftar pinjol untuk mahasiswa di bawah ini. Simak terus artikel ini sampai selesai.

BACA JUGA:5 Pinjol Syariah untuk Modal Usaha, Alternatif Tepat Kebutuhan Pengusaha

1. Mandiri Kredit Pendidikan

Salah satu pilihan pinjaman yang bisa kamu pertimbangkan adalah Mandiri Kredit Pendidikan dari Bank Mandiri. Pinjaman ini merupakan bagian dari program Mandiri KSM (Kredit Serbaguna Mikro).

Pinjaman ini tersedia untuk mahasiswa yang memiliki usaha atau UKM kecil, serta mahasiswa penerima Bidikmisi di Universitas Gadjah Mada (UGM). Keunggulan dari pinjaman ini adalah bunganya yang cukup rendah, yaitu hanya 0,5% per bulan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tenor atau waktu pelunasan hingga 10 tahun. Jadi, kamu bisa membayar cicilannya dengan lebih ringan setelah lulus dan mendapat pekerjaan.

BACA JUGA:Berikut ini 4 Rekomendasi Pinjol Syariah Tenor 12 Bulan Terbaik 2024

2. Edufund

Lembaga pinjaman bernama Edufund ini berfokus khusus pada pembiayaan pendidikan. Mereka menawarkan pinjaman untuk biaya sekolah, kuliah, kursus, hingga dana tunai lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan.

Untuk biaya kuliah, Edufund menyediakan beberapa paket pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa meminjam uang untuk membayar uang pangkal, uang semester atau UKT saja, atau paket lengkap yang mencakup keduanya. Pinjaman ini bisa dicicil hingga 24 bulan, sehingga memudahkan kamu untuk melunasinya secara bertahap.

BACA JUGA:4 Pinjol Syariah Tenor Panjang, Limit Tinggi dengan Proses yang Cepat

3. CICIL

Pinjaman berikutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah CICIL. Mereka menawarkan pinjaman khusus untuk membayar biaya perkuliahan, termasuk cicilan untuk uang semester dan uang pangkal. Namun, tidak hanya itu, kamu juga bisa meminjam untuk membeli peralatan penunjang kuliah seperti handphone, laptop, atau komputer dengan tenor hingga 36 bulan.

Bunga yang dikenakan berkisar 1-1,5% per bulan, cukup terjangkau untuk mahasiswa. Layanan CICIL dapat digunakan di berbagai universitas swasta dan negeri di seluruh Indonesia.

4. Danacita

Danacita menawarkan pinjaman dengan jumlah yang disesuaikan dengan kemampuan kamu untuk membayarnya kembali. Jadi, mereka tidak serta merta memberikan jumlah pinjaman maksimal, melainkan mempertimbangkan kondisi finansial dan prospek pekerjaanmu di masa depan.

Ada biaya administrasi Rp 100.000 dan biaya pinjaman 3% dari total pinjaman yang harus kamu bayarkan. Tenor atau waktu pelunasan pinjaman adalah dua kali periode studi yang tersisa, sehingga kamu punya waktu yang cukup lama untuk melunasinya setelah lulus nanti.

5. DANAdidik

Opsi pinjaman yang unik adalah DANAdidik. Pinjaman ini berbasis penggalangan dana atau peer-to-peer lending untuk pendidikan di Indonesia. Pinjaman ini tidak hanya mencakup mahasiswa S1, tetapi juga tersedia untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2.

Keistimewaan dari DANAdidik adalah bunganya yang 0% atau tanpa bunga. Sebagai gantinya, kamu harus membagi sebagian hasil pendapatanmu selama 30 bulan setelah lulus untuk membayar kembali pinjaman. Program ini juga terbuka untuk mahasiswa D1, D2, D3, dan S1 yang membutuhkan pinjaman.

6. Koin Pintar (KoinWorks)

KoinWorks merupakan penyedia pinjaman yang cukup populer di kalangan mahasiswa. Melalui layanan KoinPintar, mereka menawarkan pinjaman untuk pendidikan formal seperti kuliah, maupun pendidikan non-formal seperti kursus atau pelatihan.

Kamu bisa meminjam hingga Rp 200 juta dengan bunga 9-12,5% per tahun dan tenor hingga 24 bulan. Pinjaman ini sangat berguna untuk meringankan biaya kuliahmu atau untuk mengembangkan keterampilanmu melalui kursus.

7. Briguna Pendidikan (Bank BRI)

Terakhir, ada pinjaman Briguna Pendidikan yang disediakan oleh Bank BRI. Pinjaman ini khusus ditujukan untuk mahasiswa S2 dan S3 yang memiliki penghasilan tetap atau sudah bekerja.

Bunga yang ditawarkan cukup rendah, yaitu berkisar 0,4-0,5%, dengan tenor enam tahun untuk mahasiswa S2 dan sepuluh tahun untuk mahasiswa S3.

Untuk mengajukan pinjaman ini, kamu harus menjadi nasabah Bank BRI dan melampirkan surat rekomendasi dari perguruan tinggi serta atasan di tempat kerjamu.

Itulah ulasan mengenai daftar pinjol untuk mahasiswa. Sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman pendidikan, pastikan untuk mempertimbangkan kemampuan kamu dalam membayar cicilan setelah lulus dan mendapat pekerjaan nanti.

Jangan sampai pinjaman justru menjadi beban yang memberatkan di masa depan. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplorasi opsi beasiswa yang bisa mendukung pendidikanmu tanpa harus menanggung beban pinjaman.

Mendapatkan pendidikan yang berkualitas adalah investasi berharga untuk masa depanmu. Dengan adanya berbagai pilihan pinjaman pendidikan, kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya yang tinggi.

Pilih pinjaman yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhanmu, sehingga kamu bisa fokus mengejar cita-citamu tanpa terbebani masalah finansial.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: