Ribuan Guru PAUD Menari di Alun-alun Pemalang

Ribuan Guru PAUD Menari di Alun-alun Pemalang

MENARI - Ribuan guru PAUD semarak dalam tarian mengetik di Alun-alun Pemalang.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Ribuan guru tenaga pendidik nonformal mengikuti tari metik di acara Action dan Show. Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kegiatan dipusatkan di alun-alun oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat.

Sekitar 2.782 guru dari Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tampak semangat dan kompak menari.

“Acara dimeriahkan oleh aksi guru-guru PAUD yang menari tari Metik,” jelas Mansur didampingi Bunda PAUD Shanti Rosalia.

BACA JUGA:Suhu Politik Jelang Pilkada di Kabupaten Pemalang Memanas

Menurutnya, tari metik yang dipentaskan ribuan guru tersebut terinspirasi dari kegiatan sehari-hari pemetik teh di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga.

“Tarian ini karya Meirina dari IGTKI PGRI Pemalang dengan unsur gerak berpijak dari gerak murni dan gerak maknawi,” terang Mansur.

Adapun gerakan tarian tersebut, meliputi memetik teh, mencabut rumput dan memberikan obat pembasmi hama agar mendapatkan daun teh dengan kualitas terbaik.

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Desain Grafis

Unsur sosial yang terdapat pada karya ini adalah rasa gotong-royong dan kepedulian antar masyarakat pedesaan yang begitu kental sehingga membentuk karakter kuat sebagai sikap mental untuk berkontribusi bagi Pemalang yang lebih baik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemalang Ismun Hadiyo mengatakan, kegiatan dilengkapi dengan pelatihan kecakapan hidup. Antara lain pelatihan tata kecantikan rambut, rias pengantin, montir, menjahit busana muslim, tata boga, membatik dan menyablon, inigratis untuk masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: