Pinjol Syariah Tanpa DC Lapangan Aman dari Kunjungan Rumah Jika Galbay? Begini Prosedur Penagihannya

Pinjol Syariah Tanpa DC Lapangan Aman dari Kunjungan Rumah Jika Galbay? Begini Prosedur Penagihannya

Pinjol syariah tanpa DC lapangan--

DISWAY JATENG - Pinjaman online syariah merupakan salah satu layanan keuangan yang beroperasi dengan prinsip syariah dalam agama Islam. Lalu, apakah benar pinjol syariah tanpa DC lapangan penagih utang yang datang ke rumah jika galbay atau nunggak?

Di pinjol yang menggunakan prinsip sariah melarang adanya riba atau bunga, dan biaya transaksi yang tidak jelas. Namun, sering menjadi pertanyaan apakah pinjol syariah tanpa DC lapangan yang menagih jika nasabah telat bayar.

Tenang saja, untuk menjawab pertanyaan tersebut artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang penagihan dari pinjaman syariah. Pinjol syariah tanpa DC lapangan memang benar, dan umumnya penagihan yang dilakukan tidak menggunakan pihak ketiga.

Pinjol syariah tanpa DC lapangan mengikuti ketentuan prinsip syariah, yakni lebih mengutamakan pendekatan persuasif dan humanis. Jadi, jika ada nasabah galbay atau nunggak maka penagihan hanya dilakukan dengan cara negosisasi sampai menemukan solusi terbaik.

BACA JUGA: Daftar 10 Pinjol Syariah Langsung Cair Resmi OJK 2024, Pinjaman Aman Sesuai Syariat Islam

Cara menagih utang pinjol syariah tanpa DC lapangan

Supaya Anda tidak bingung, di bawah ini ada beberapa metode penagihan dari pinjaman syariah yang tidak menggunakan debt collector. Berikut cara penagihan utang ke nasabah dari pinjol syariah, antara lain:

1. Restrukturisasi Utang

Pihak penyedia pinjaman pinjol tanpa DC lapangan akan menawarkan restrukturisasi utang sebagai prosedur penagihan. Dengan ini, memungkinkan nasabah untuk membayar utang dalam jangka waktu yang lebih panjang dengan cicilan lebih ringan.

2. Mediasi

Di beberapa pengalaman debitur yang nunggak, pihak penagihan dari pinjol sayriah hanya menggunakan mediasi untuk menyelesaikan utang. Cara ini tergolong lebih lembut dibandingkan harus menggunakan debt collector.

3. Media Komunikasi

Pinjol syariah umumnya hanya akan menghubungi nasabah secara langsung untuk mencari jalan keluar permasalahan tersebut. Dengan ini, Anda bisa lebih tenang dan bisa mencari dana pinjaman untuk menyelesaikan tagihan supaya cepat lunas.

BACA JUGA: Ingin Pinjaman Tanpa Riba? Inilah 6 Daftar Aplikasi Pinjol Syariah Cepat Cair Resmi Terdaftar OJK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: