SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Adakan Pelantikan Penegak Bantara

SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Adakan Pelantikan Penegak Bantara

LANTIK - Prosesi pelantikan Penegak Bantara SMK Negeri 2 Adiwerna.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Prosesi pelantikan Penegak Bantara Gudep Sudirman-Dewi Sartika 04-153-04- 154 SMK Negeri 2 Adiwerna digulirkan. Kegiatan kali ini diikuti  oleh   27 siswa peserta  kelas X yang sudah memenuhi syarat pengisian SKU dan sudah di uji.

Kamabigus SMK Negeri 2 Adiwerna Joko Pramono SPd MDs menyatakan, kegiatan kali ini dipusatkan di Bumi Perkemahan Pedeslohor Adiwerna selama dua hari. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. 

“Sebagai kepala gudep putra ada Kak Solihin dan kepala gudep putri ada Kak Nunik Sapta Nigrum serta Sugeng," ujarnya.

BACA JUGA:Telur Asin Bebek Pangon di Kabupaten Pemalang Banyak Diminati, Apa Sebabnya?

Menurutnya, pelantikan kenaikan tingkat merupakan salah satu program kerja tahunan pramuka. Untuk memfasilitasi para siswa yang berminat di bidang kepramukaan. pramuka penegak merupakan anggota yang sudah memasuki usia 16-20 tahun. Dalam hal ini ada beberapa tingkatan dalam pramuka penegak yaitu pramuka penegak bantara dan laksana. 

"Pramuka penegak laksana merupakan tingkat tertinggi dalam Golongan Penegak," cetusnya.

BACA JUGA:Komunitas Limata Kabupaten Pemalang Tanam Pohon

Menurutnya, tujuan dari  kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan dalam bidang kepramukaan. Meningkatkan kualitas teknik kepramukaan, membentuk watak, mental, disiplin, dan kemandirian. Serta membentuk kepribadian yang aktif, kreatif, kompak dan bekerjasama.  

"Pelantikan ini untuk menciptakan penegak bantara memiliki jiwa sosial yang tinggi berdasarkan Tri Satya dan Dasa Darma," ungkapnya.

Ditegaskan, Dasa Darma Pramuka harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu mengenai ketakwaan kepada Tuhan, cinta alam dan manusia, sopan, patuh. Rela menolong, rajin, hemat, disiplin, bertanggung jawab dan menjaga perkataannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: