Duta Pelajar Kabupaten Tegal Juara TTG Provinsi Jawa Tengah

Duta Pelajar Kabupaten Tegal Juara TTG Provinsi Jawa Tengah

BERJAYA - Duta pelajar Kabupaten Tegal raih juara unggulang Jawa Tengah diajang lomba Teknologi Tepat Guna.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Prestasi gemilang berhasil diciptan duta pelajar  Kabupaten Tegal di ajang liomba  Teknologi  Tepat Guna ( TTG) tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Melalui hasil karya tongkat bantu  alat tunanetra (tobat). Karya ini ditetapkan sebagai juara I tingkat Jawa Tengah sebagai karya teknologi tepat guna unggulan.

Kepala Dinas Permades Kabupaten Tegal Teguh Mulyadi melalui  Kabid Pemberdayaan Masyarakat Siti Aminah menyatakan, duta pelajar yang dikirim berasal dari SMA Negeri 1 Slawi. 

"Mereka adalah  Mohammad Zayad Azam Billah dan  Meylin Nurfadhilah siswa kelas  XI," ujarnya.

BACA JUGA:14 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Diterima Kerja Meski Belum Lulus

Menurutnya, kelebihan dari tobnat ini adalah dilengkapi dengan  sensor. Bila di jarak 1 meter ada penghalang makan tongkat akan berbunyi. Selebihnya, tongkat ini juga dilengkapi dengan GPS untuk mengetahui pasti keberadaan tunanetra pengguna tongkat. Alat  ini terbilang  sangat sederhana dengan memanfaatkan  baran glimbah seperti duran alat pancing. Kepebihan dari tobat lainnya adalah tongkat ini bisa ditekuk dan dimasukkan kedalam tas. 

"Karya ini sangat sederhana dan besar pula manfaatnya  bagi penyandang tunanetra. Alat ini  bisa menjadi solusi dari 1.673 penyandang tunanetra," tegasnya. 

BACA JUGA:SMP Negeri 18 Kota Tegal Gelar Halal bi Halal

Di lomba TTG tingkat Provinsi Jawa Tengah  dari SMA Negeri 1 Slawi sempat mengusung 3 inovasi, yakni tobat, alat pembersih kolam ,dan alat penetas telur. Namun, yang ditetapkan sebagai karya Tehnologi Tepat Guna Unggulan adalah tongkat bantu alat tunanetra (tobat).  Dengan biaya murah dan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. 

“Kami bersiap mengantarkan keduanya maju mewakili Jawa Tengah di lomba TTG tingkat nasional. Sekaligus berharap prestasi ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tegal," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: