UPS Tegal Cetak Lulusan Berliterasi Budaya dan Berjiwa Pancasila

UPS Tegal Cetak Lulusan Berliterasi Budaya dan Berjiwa Pancasila

WISUDA - Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum menyerahkan ijazah kepada salah satu lulusan terbaik.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - 498 mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal (UPS) dari 17 Program Studi Tingkat Sarjana dan 3 Program Studi Jenjang Magister diwisuda di Auditorium Darjoen Senoatmodjo. Wisuda Magister ke-16 dan Sarjana ke-71 Periode Gasal TA 2023/2024 ini mengangkat tema Menciptakan Lulusan Yang Berliterasi Budaya dan Berjiwa Pancasila.

Mahasiswa yang diwisuda terdiri dari 109 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 129 mahasiswa Fakultas Hukum, 35 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 57 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 21 mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 73 mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, dan 74 mahasiswa Program Magister.

BACA JUGA:Komunitas Limata Kabupaten Pemalang Tanam Pohon

Dalam sambutannya, Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum dengan gaya khasnya menyampaikan UPS menciptakan lulusan yang berliterasi budaya dan berjiwa Pancasila. Menurutnya, kemampuan literasi budaya dan pemahaman akan Pancasila harus ada di dalam diri setiap pelajar Pancasila dan di dalam diri setiap pelajar Indonesia. 

“Yakni sebagai suatu keterampilan perilaku dalam budaya nasional, sebagai identitas bangsa dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara,” kata Rektor.

Wisuda ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UPS kepada bangsa dan negara, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global. “Saya atas nama Rektor dan mewakili seluruh sivitas akademika UPS dengan penuh kebanggaan mempersembahkan 498 lulusan UPS,” ujar Rektor.

BACA JUGA:Pesta Siaga Tingkat Kabupaten Pemalang Dibuka oleh Bupati

Rektor berpesan kepada wisudawan yang merupakan representasi UPS di tengah-tengah masyarakat agar menjaga nama baik alamater dengan selalu berpikir, berkata, dan berbuat yang baik. UPS berharap lulusannya dapat mengamalkan ilmu dalam profesi masing-masing nantinya secara bertanggung jawab dan berkualitas.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti Dr Imawan Sugiharto SH MH menyampaikan selamat kepada para wisudawan atas kesuksesan dan keberhasilan dalam menyelesaikan studi pada Jenjang Sarjana dan Magister di UPS. Ucapan selamat juga disampaikan kepada para orang tua dan keluarga wisudawan yang hadir dalam acara wisuda.

“Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya juga kami sampaikan kepada seluruh sivitas akademika Universitas Pancasakti Tegal, khususnya Bapak dan Ibu dosen yang memberikan bimbingan secara baik kepada para mahasiswa. Sehingga mereka dinyatakan lulus pendidikan dan bisa diwisuda pada hari ini,” ucap Imawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: