Bupati Pemalang Sambut Baik Program Kerja BPS, Pendataan K3 dan Podes

Bupati Pemalang Sambut Baik Program Kerja BPS, Pendataan K3 dan Podes

AUDIENSI - Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama Kepala BPS Moh Fatikhudin saaat audiensi.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id --

DISWAYJATENG, PEMALANGBupati Pemalang Mansur Hidayat menyambut baik adanya program Survei Statistik Keuangan Desa (K3) 2024 dan Pendataan Potensi Desa (Podes) dari BPS. Hal itu disampaikannya  langsung saat audiensi bersama Kepala BPS Kabupaten Pemalang Moh Fatikhudin.

Bupati Mansur dalam acara itu juga menyampaikan kesiapannya untuk membantu pelaksanaan programtersebut. Audiensi dilakukan untuk mengoordinasikan pelaksanaan survei K3 dan Podes 2024 di lapangan. 

“Sehingga sangat diharapkan program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,"katanya.

BACA JUGA:Pengelola Makanan di RSUD Suradadi Kabupaten Tegal Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji

Kepala BPS Kabupaten Pemalang Moh Fatikhudin menjelaskan bahwa BPS sebagai penyelenggara statistik dasar. Yang akan menyelenggarakan dua kegiatan pendataan diharapkan ada  dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang. Sehingga  kegiatan ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Hasil pendataan K3 nantinya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah pusat dan daerah. Sebagai salah satu komponen utama dalam penyusunan Produk Domestik Bruto (PDB) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Untuk pelaksanaan survei K3 itu dilaksanakan dari tanggal 1 Maret sampai dengan 31 Juli 2024.

BACA JUGA:UPS Tegal Lepas Purna Tugas 2 Orang Pegawai

Adapun Podes yang merupakan sumber data tematik berbasis kewilayahan. Yang menggambarkan potensi suatu wilayah di seluruh Indonesia. Sehingga diharapkan nantinya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah pusat dan daerah sebagai dasar perencanaan pembangunan wilayah, mengetahui potensi desa/wilayah setingkat desa, potensi kecamatan, dan potensi kabupaten/kota. 

Selain itu, juga sebagai dasar penyusunan berbagai analisis dan kebijakan terkait kewilayahan. Dasar penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa. 

“Juga dapat digunakan untuk mengevaluasi pembangunan desa. Berupa potret perkembangan infrastruktur yang ada di desa,"paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: