Ramadan, SMP Negeri 6 Kota Tegal Gelar Berbagai Kegiatan

Ramadan, SMP Negeri 6 Kota Tegal Gelar Berbagai Kegiatan

BERSAMA - Kepala SMP Negeri 6 Tegal Surip bersama siswa usai pelaksanaan pesantren kilat di SMP Negeri 6 Kota Tegal.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Negeri 6 Kota Tegal mengelar berbagai kegiatan dibulan Ramadan, bulan penuh hikmah dan penuh pengampunan. Momentum tersebut harus dimanfaatkan untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, salah satunya melalui pesantren kilat di bulan Ramadan yang dilaksanakan di sekolah.

Kepala SMP Negeri 6 Kota Tegal Surip mengatakan, pesantrean kilat itu diadakan dengan bertujuan. Untuk kembali menerapkan ilmu pada mata pelajaran–agama dan budi pekerti yang sudah diberikan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.  Pesantren kilat lebih menekankan kepada kegiatan ramadhan. Supaya anak- anak bisa memahami arti puasa yang baik dan benar dalam menjalankan ibadah-ibadah yang ada di bulan Ramadan.

BACA JUGA:Kwarcab Kota Tegal Gelar Apel Pramuka Peduli dan Ubaloka

“Adapun tujuan kita mengadakan pesantren selama satu minggu, supaya peserta didik  kita bisa menjalankan ibadah puasa. Serta menjalankan kegiatan Ramadan di dalamnya dengan baik dan benar yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Disampaikan pula materi yang dibahas didalam kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan selama satu minggu ini yaitu Salat Dhmuha, tadarus Alquran,  materi salat dan bacaan salat. Materi puasa dan bab zakat, infak dan sodakoh.

Salah seorang Guru atau Ustazah Dhawis Su’udah menyampaikan, materi ceramah yang poin isinya mengenai pengertian salat. Syarat wajib dan syah shalat, rukun salat dan sunah salat yang dijelaskannya kepada peserta didik. 

BACA JUGA:Kopi Botol Kemasan Laris Manis Diserbu Pembeli di Kabupaten Pemalang

"Salat merupakan Ibadah yang pertama kali yang bakal dihisab diakhirat nanti. Ibadah salat sudah ada tuntunannya dari Rasullulah SAW, baik dari segi gerakan maupun bacaannya," ungkapnya.

Selain itu, kegiatan pesantren kilat juga diisi dengan kegiatan lomba-lomba. Meliputi lomba azan, tartil dan pidato keagamaan. Kegitan itu, bertujuan untuk melatih siswa mengembangkan potensi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Kegiatan diakhiri dengan pembagian 405 paket zakat fitrah kepada siswa yang kurang mampu, masyarakat  sekitar sekolah, panti asuhan, dan yayasan di sekitar Kota Tegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: