SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal Adakan Pesantren Kilat

SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal Adakan Pesantren Kilat

MENGIKUTI - Kepala Sekolah SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal Erwin, guru dan siswa mengikuti pesantren kilat.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Pesantren kilat atau yang juga dikenal sebagai pesantren Ramadan memberikan manfaat yang cukup besar bagi siswa-siswi SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal.  Peningkatan Pengetahuan agama dalam Pesantren kilat biasanya memberikan pembelajaran agama Islam yang intensif. Termasuk memahami Alquran, hadits dan fiqh. 

Pengembangan akhlak dan moral melalui pesantren kilat, siswa-siswi diajarkan untuk meningkatkan akhlak dan moral mereka. Seperti kesabaran, kerendahan hati dan kejujuran. Pengembangan kemandirian siswa diajarkan untuk mandiri dalam melakukan ibadah. Seperti salat, puasa dan zikir. Mereka juga belajar untuk mandiri dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA:Masyarakat Kompak Bersihkan Pasar Belik Kabupaten Pemalang yang Terbakar

"Penguatan kepribadian Islam dalam pesantren kilat dapat membantu siswa-siswi dalam memperkuat identitas dan kepribadian Islami mereka. Dengan contoh-contoh teladan dari guru-guru dan teman-teman sebaya," kata Kepala Sekolah SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal Erwin.

Peningkatan keterampilan sosial siswa-siswi akan belajar berinteraksi dan bekerjasama dengan teman-teman sebayanya. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka. Pengalaman berbeda pesantren kilat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari sekolah biasa. Yang dapat membuka wawasan siswa terhadap keberagaman budaya dan pemahaman agama.

BACA JUGA:Yayasan Perguruan Al Irsyad Kota Tegal Bagikan 1.405 Paket Sembako

Meningkatkan kecintaan pada agama dengan suasana dan pembelajaran yang khusuk. Pesantren kilat dapat meningkatkan kecintaan siswa pada agama Islam.

"Pesantren kilat dapat menjadi pengalaman berharga untuk mendalami agama Islam. Serta meningkatkan kualitas spiritual serta akhlak mereka," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: