Pemprov Jateng Gencarkan Gerakan Pangan Murah, Harga Sembako Mulai Menurun

Pemprov Jateng Gencarkan Gerakan Pangan Murah, Harga Sembako Mulai Menurun

ANTUSIAS - Warga antusias mengikuti Gerakan Pangan Murah Pemprov Jateng.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, SEMARANG  – Program Gerakan Pangan Murah (GPM) yang secara massif dilakukan oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah bersama sejumlah stake holder membuahkan hasil. 

Sejak awal Januari-1 April 2024, sudah terlaksana kegiatan GPM sebanyak 150 kali, kegiatan itu tersebar di kabupaten/kota di Jateng. 

Dampaknya, sejumlah komoditas pangan mulai menurun. Seperti harga beras yang sebelumnya sempat mencapai Rp17.000/ kg, saat ini sudah turun di posisi Rp14.600/ kg. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tegal Bersama TPID Sidak Pasar Kejambon

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyampaikan, Pemprov Jateng serius mengkoordinir pelaksanaan GPM baik yang diselenggarakan oleh Pemprov Jateng,  pemerintah kabupaten/ kota, Forkopimda, maupun para pelaku usaha di bidang pangan.

“Bagusnya kita ini kompak. Karena   GPM ini  membantu masyarakat, khususnya masyarakat yang ekonomi lemah,” kata Nana   pada acara Gerakan Pangan Murah Serentak III Wilayah Jateng di halaman Balaikota Semarang, Senin, 1 April 2024.

Pelaksanaan GPM merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok, di tengah meningkatnya konsumsi masyarakat pada  Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. 

BACA JUGA:Kwarcab Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Jurnalistik

Kegiatan GPM ini juga untuk memastikan bahwa stok pangan cukup dan tersedia dengan harga terjangkau, sehingga tidak memicu inflasi. 

Nana menambahkan, dalam pelaksanaan GPM, Pemprov Jateng memberikan intervensi berupa fasilitasi distribusi berupa bantuan transport, bongkar muat, dan packing kepada para produsen/ vendor. 

Dengan intervensi tersebut, masyarakat dapat membeli barang kebutuhan pokok dengan harga lebih murah daripada pasaran, dan vendor tetap mendapatkan laba. Untuk pelaksanaan program GPM, Pemprov Jateng menganggarkan sebesar Rp1 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: