Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Bahas Kesiapan Armada Angkutan Lebaran

Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Bahas Kesiapan Armada Angkutan Lebaran

SERIUS - Pembahasan kesiapan armada angkutan lebaran Bidang Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan.Foto:jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Jelang Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal melalui Kasi Angkutan dan Terminal. Menggelar pembahasan kesiapan armada Angkutan Lebaran. Serta kesiapan terminal dalam menghadapi masa Lebaran 2024.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko Setiawan melalui Kasi Angkutan dan Terminal Agil Suprayogi menyatakan, pembahasan bersama seluruh armada bus yang selama ini beroperasi di Terminal Dukuhsalam. Perusahaan Otobus (PO)  di Kabupaten Tegal telah siapkan 85 armada bus AKAP. 

"Untuk Terminal Dukuhsalam 50 armada, Adiwerna 20 armada dan Yomani 15 armada," ujarnya.

BACA JUGA:Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Tegal Rawan Korupsi

Sedangkan DPC Organda Kabupaten Tegal juga menyiapkan 193 Bus AKDP dan 528 angkutan pedesaan. Guna mendukung kelancaran transportasi umum saat arus mudik dan balik Lebaran. Untuk armada yang digunakan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, tertib administrasi dan dipastikan pengemudi dalam keadaan sehat dan istirahat yang cukup.

Terkait dengan kenaikan tarif masa Lebaran 2024, bahwa tarif bus kelas nonekonomi saat ini diatur oleh PO itu sendiri. Berdasarkan hasil rapat, akan ada penyesuaian tarif tusla pada periode mudik dan balik Lebaran Khususnya bus AKAP naik sebesar 90-110 persen dari tarif normal. 

BACA JUGA:DPRD Kota Tegal Minta Perwal Pelaksanaan Jamkesmas Ditinjau Kembali

“Tergantung jenis layanan bus dan tarif akan kembali normal. Sampai dengan jumlah penumpang dalam arus mudik kembali normal (menunggu surat dari PO)," ungkapnya. 

Saat ini, Terminal Dukuhsalam, Adiwerna dan Yomani telah dijaga oleh petugas selama 24 jam. Secara umum, terminal sudah siap siaga untuk menghadapi angkutan Lebaran. Meskipun ada beberapa kendala, diantaranya kondisi sarana prasarana di terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: