Perbaikan Jalan di Kabupaten Tegal Selesai H-7 Lebaran

Perbaikan Jalan di Kabupaten Tegal Selesai H-7 Lebaran

PERBAIKAN - Jalan di ruas Yomani-Timbangreja, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal sedang diperbaiki.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Sejumlah ruas jalan banyak yang rusak. Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal sedang berupaya untuk memperbaiki ruas jalan tersebut. Bahkan, dinas menargetkan perbaikan akan selesai H-7 atau tujuh hari sebelum Lebaran.

"Sebelum arus mudik Lebaran, perbaikan sudah selesai," kata Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo.

Dirinya tak menampik, beberapa ruas jalan memang sudah rusak. Hal itu disebabkan kondisi hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tegal beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA:Wisatawan Jangan Khawatir, OW Guci Kabupaten Tegal Siapkan 3,3 Hektare Lahan Parkir

Diakuinya, kondisi curah hujan yang tinggi juga telah memengaruhi kondisi jalan yang semula Mantap bergeser menjadi rusak sedang. Contohnya, di jalan ruas Tuwel-Bojong yang sempat diperbaiki kini rusak lagi karena terkikis limpasan air hujan dengan intensitas tinggi.

"Kita akan kebut memperbaiki jalan protokol agar selesai tepat waktu," tegasnya.

Dia menjelaskan, untuk perbaikan jalan ini dilakukan dengan pengaspalan dan penambalan. Walau demikian, pihaknya tetap memperhatikan kondisi curah hujan yang ada. 

"Kami menargetkan, perbaikan jalan bisa selesai paling cepat akhir Maret ini atau maksimal H-7 Lebaran,” kata Teguh berulang-ulang.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tegal Adakan Khotmil Quran dan Buka Puasa Bersama ASN 

Menurut Teguh, untuk proyek pengaspalan di musim hujan, ada prosedur mitigasi risiko yang diterapkan seperti memilih bahan konstruksi yang lebih tahan terhadap air dan membuat perencanaan yang matang untuk mencegah genangan air.

Adapun, kegiatan pemeliharaan jalan ini dilakukan di 15 ruas jalan. Diantaranya, ruas Trayeman-Singkil, Singkil-Debong Kidul, Dampyak-Mejasem Timur, Balamoa-Karangmalang, Kaligayam-Pesayangan, Trisanja-RP Suroso. Dukuhturi-Sumur Panggang, Lawatan-Kupu, Kaladawa-Mejasem, Tamansari-Wotgalih, Yomani-Timbangreja, Kalibakung-Karangjambu. Karangjambu-Tuwel, Dawuhan-Getaskerep dan Banjaranyar-Kalibakung.

BACA JUGA:Jelang Pindah Tugas, Kepala Klinik Paru Masyarakat Kota Tegal Berbagi dengan Warga Kurang Mampu

“Kita sudah menerbitkan 15 SPK ke rekanan untuk pekerjaan pemeliharaan rutin jalan untuk menyambut mudik Lebaran 2024 ini,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengeluarkan SPK untuk pekerjaan pemeliharaan berkala pada ruas jalan Tuwel-Guci yang dianggarkan senilai Rp6,7 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: