7 Penyebab Telat Haid yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Stres Emosional

7 Penyebab Telat Haid yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Stres Emosional

penyebab telat haid yang perlu Anda waspadai salah satunya stres emosional-Tangkapan layar viva-

DISWAY JATENG  - Bagi sebagian kaum hawa, telat haid atau amenore merupakan kondisi di mana siklus menstruasi seseorang terlambat dari jadwal yang seharusnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya telat haid maka perlu pengetahuan yang menyertainya supaya tidak salah dalam penanganan tentang mengatasi masalah haid.

Walaupun bisa terjadi secara sporadis dan tidak selalu menjadi tanda masalah kesehatan serius, terjadinya telat haid tetap memerlukan perhatian sebab dapat menjadi gejala dari beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan medis.

Dalam artikel ini akan kami ulas mengenai penyebab telat haid yang perlu Anda waspadai salah satunya stres emosional. Mari kita simak dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Ngabuburit dengan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

BACA JUGA:Terbukti Manfaatnya. Berikut 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Pencernaan

Berikut ini  7 penyebab utama telat haid yang perlu diwaspadai:

1. Perubahan Berat Badan yang Signifikan

Perubahan berat badan yang drastis, baik penurunan berat badan yang cepat maupun peningkatan berat badan yang signifikan, bisa memengaruhi produksi hormon dalam tubuh.

Kondisi ini sering menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi, termasuk telat haid atau amenore.

2. Stres Emosional

Stres emosional yang berlebihan bisa memengaruhi siklus menstruasi. Stres kronis dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, mengakibatkan gangguan pada siklus menstruasi dan mengakibatkan telat haid.

Pekerjaan yang menuntut, masalah hubungan, atau peristiwa traumatis dapat menjadi pemicu stres emosional yang signifikan.

3. Ovarium Polikistik (PCOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: