Kerahkan Stakeholder dan OPD Bersihkan Sisa Kebakaran Pasar Belik Kabupaten Pemalang

Kerahkan Stakeholder dan OPD Bersihkan Sisa Kebakaran Pasar Belik Kabupaten Pemalang

MEMONITOR - Bupati Pemalang Mansur Hidayat memonitor dan meninjau langsung lokasi Pasar Belik yang terbakar.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Bupati Pemalang Mansur Hidayat menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi pembersihan puing-puing  kebakaran Pasar Belik. Untuk mengawali kegiatan itu, dilakukan apel bersama di Pasar Belikyang dipimpin langsung oleh Bupati Pemalang. Dalam kegiatan itu juga diserahkan bantuan alat untuk tempat jualan secara simbolis kepada pedagang.

Hadir dalam kegiatan itu, OPD dan stakeholder lainnya. Termasuk TNI, Polri, LSM dan organisasi masyarakat (ormas) kepemudaan.  Tidak hanya itu, dalam apel juga disiapkannya alat berat dan sejumlah alat transportasi pengangkut puing-puing Pasar Belik.

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Buka Posko Pengaduan THR

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, kegiatan monitoring dan evaluasi pembersihan pascakebakaran Pasar Belik untuk kesiapsiagaan semua stakeholder. Baik itu TNI, Polri, LSM maupun organisasi kepemudaan agar bersama-sama melakukan pembersihan.

Menurutnya, di lokasi pasar tersebut akan segera dibuatkan lapak-lapak sementara, secepat mungkin. Harapannya agar warga masyarakat, khususnya para pedagang yang terkena dampak kebakaran itu dapat berjualan lagi.

BACA JUGA:Sekda Amir Soroti Bangunan SD di Kabupaten Tegal yang Rusak

"Untuk itu, semua stakeholder yang ada, baik itu TNI, Polri, intansi pemerintah, LSM maupun organisasi masyarakat kepemudaan. Untuk bersama-sama melakukan pembersihan Pasar Belik pascakebakaran,"katanya.

Untuk pembuatan lapak sementara akan diupayakan selesai lima hari sebelum Lebaran. Sehingga para pedagang nantinya sudah bisa berjualan kembali. Maka  untuk memperlancar dan mempercepat pelaksanaan kegiatan pembersihan. Telah disiapkan alat berat dan armada truk untuk mengangkut puing-puing dan sampah sisa kebakaran pasar.

BACA JUGA:Potensi Hujan Lebat, BPBD Kabupaten Tegal Serukan Waspadai Perubahan Cuaca

Di samping itu, untuk memberikan semangat dan membangkitkan kembali semua pedagang agar bisa berjualan. Maka pemerintah daerah telah melakukan rapat pembahasan terkait masalah tersebut. 

Rapat dilakukan bersama dinas terkait dan pihak perbankan untuk memberikan bantuan permodalan dengan pinjaman modal bunga yang sangat rendah. Harapannya pedagang akan kembali bangkit beraktivitas kembali berjualan di Pasar Belik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: