Tingkatkan Literasi Masyarakat, Gedung Perpustakaan Jawa Tengah Diperluas

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Gedung Perpustakaan Jawa Tengah Diperluas

CEK - PJ Gubernur Jateng melakukan pengecekan.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, SEMARANG - Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana melakukan groundbreaking pembangunan perluasan gedung perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Selasa, 26 Maret 2024. 

Gedung yang berada di Jalan Sriwijaya No.29a Kota Semarang ini memiliki tiga lantai, dengan total luas 3.000 m².

Nana menyampaikan, dengan pembangunan yang saat ini dilaksanakan, akan ada tambahan luasan 1.175 m². Pembangunan ini ditargetkan selesai pada September 2024.

BACA JUGA:27.562 Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal Sudah Punya NIB

Pembangunan gedung ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional dan APBD Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2024. Total nilainya Rp4,599 miliar.

"Perpustakaan merupakan jendela dunia. Dari sinilah tempatnya untuk belajar, juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan,   memantapkan dan menambah wawasan. Itulah kemudian kami perlu mengembangkan perpustakaan ini," jelas Nana.

BACA JUGA:KPK Beri Nilai Integritas Pemprov Jateng 77,91, PJ Gubernur Minta Pelayanan Publik Terus Ditingkatkan

Dengan perluasan ini, kata Nana, koleksi buku yang dimiliki akan bisa lebih banyak. Saat ini Perpustakaan Jateng memiliki lebih dari 130.000 judul buku. Nantinya, ditargetkan bisa menambah koleksi 5.000 judul buku per tahun. 

Perluasan ini juga seiring dengan banyaknya jumlah pengunjung. Pada 2023, ada 239 ribu lebih pengunjung offline dan 3 juta pengunjung online per tahun. 

Nana berharap dengan pembangunan ini akan semakin menarik masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan Provinsi Jateng. Dengan begitu, literasinya pun akan semakin meningkat.

"Kita harapkan akan menjadi perpustakaan yang skalanya mungkin nanti bukan hanya lokal, tetapi bertaraf nasional," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: