Marak Pencurian Suku Cadang Panel Lampu PJU di Kabupaten Tegal

Marak Pencurian Suku Cadang Panel Lampu PJU di Kabupaten Tegal

RAIB - Petugas LPJU Dinas Perhubungan memperlihatkan sparepart panel LPJU yang raib dan memicu lampu tidak menyala.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Santernya infomasi adanya gangguan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di beberapa ruas jalan Kabupaten Tegal. Dipicu adanya pencurian sparepart pada panel LPJU tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Muhammad  Budi Eko Setyawan melalui Kasi Sarpras Jalan dan PJU  Muhajir menyatakan,  suku cadang yang hilang dalam 1 panel terdiri dari kontraktor, MCB, dan fotocelll atau timer. Pencurian tersebut terjadi di ruas Jalan Kesemen 1 panel, Banjarang-Kalikangkung 1 panel, Banjaran-Balamoa panel. Dessa Jatirawa dan Pegirikan 2 panel. 

“Karangjari-Brekat pada panel depan SMA Hasri Tarub 1 panel dan sepanjang Jalan Balamoa-Kemantran sebanyak 9 panel," ujarnya.

BACA JUGA:SMP IT Luqman Al Hakim Kabupaten Tegal Berbagi Takjil

Kondisi tersebut memperparah langkah yang hendak ditempuh Dishub jelang datangnya arus mudik Lebaran. Mengingat untuk anggaran pemeliharaan LPJU tahun ini tidak terakomodir, menyusul tidak disetujuinya ajuan anggaran oleh tim Bagar.  

Idealnya, anggaran pemeliharaan lampu PJU tersebut  untuk pengadaan suku cadang bila terjadi kerusakan seperti trafo, MCB, timer dan lainnya. Tidak adanya dukungan anggaran untuk pemeliharaan lampu PJU tersebut,masih diperparah dengan adanya aksi pencurian ornamen PJU yang dilakukan oleh tangan- tangan jahil.

BACA JUGA:Siapkan Pemimpin, SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal Adakan LDK

"Sebelumnya juga banyak ditemukan kabel DX untuk menghubungkan lampu PJU satu dengan yang lainnya raip. Hal ini seperti yang terjadi di wilayah Warujeja dan Desa Sindang Dukuhwaru. Tidak hanya kabel DXC namum juga MCB ditiang lampu PJU banyak yang hilang, termasuk tutup panel sepanjang jalur II Dukuhturi hingga Yonif 407. 

“Hilangnya tutup panel ini dikhawatirkan bila hujan  air masuk kedalam tiang akan menyebabkan padamnya lampu," ungkapnya.

BACA JUGA:UPS Tegal Adakan Pengajian Rutin di Bulan Ramadan

Pihaknya mengaku praktis selama 4 tahun Dishub belum pernah mendapatkan gelontoran anggaran untuk pemeliharaan lampu PJU.  Ajuan tahun ini pun tidak terealisasi oleh badan anggaran. Sementara untuk penambahan titik LPJU tahun 2024 sesuai rencana akan direalisasi sebanyak 63 paket perkerjaan yang bersumber dari dana pokok pikiran DPRD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: