4 Cara Mudah Menabung, Dijamin Tabungan Auto Bertambah

4 Cara Mudah Menabung, Dijamin Tabungan Auto Bertambah

KEUANGAN - 4 Cara Mudah Menabung! Tabungan Auto Bertambah!--

DISWAY JATENG - 4 Cara Mudah Menabung! Tabungan Auto Bertambah! Menabung merupakan kegiatan mengumpulkan uang yang dimiliki. Yang biasanya digunakan sebagai simpanan atau planning pembelian.

Namun menabung bukan merupakan hal yang sederhana karena menabung memerlukan niat dan tekad pula. Cara mudah menabung dapat menjadi pilihan kamu untuk menabung anti ribet.

Cara mudah menabung dapat kamu terapkan dan dapat menambah tabungan yang dimiliki tentu akan membuat kondisi finansial stabil. Kondisi finansial yang stabil tentunya akan mengurangi jumlah hutang.

BACA JUGA : Cara Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan Agar Ibadah Puasa Bisa Tenang dan Nyaman

Cara mudah menabung berikut ini dapat membuat tabungan auto bertambah:

1. Membuat catatan keuangan

Cara mudah menabung yang wajib kamu ketahui adalah dengan membuat catatan keuangan sederhana. Dengan mencatat setiap pendapatan dan pengeluran yang dilakukan selama sebulan.

Bisa dibuat melalui ponsel maupun buku catatan sederhana, serta tulis secara rinci mengenai pengeluaran yang dilakukan. Setelah akhir bulan atau berganti bulan dapat dilakukan evaluasi keuangan.

Pengeluaran apa saja yang dilakukan secara sebulan yang sering dan dinilai tidak memiliki manfaat. Kurangi hal tersebut agar keuangan kamu menjadi stabil dan terkendali dengan baik.

Untuk bulan selanjutnya kurangi sedikit demi sedikit hal yang dinilai sangat membuat keuangan berkurang drastis. Misalkan kamu sering ke café seminggu bisa 4 kali, bisa mulai dikurangi hanya 3 atau 2 kali saja.

Lakukan hal ini secara bertahap dan berkala maka kamu akan terbiasa akan hal tersebut dan membuat tabungan bertambah. Semakin banyak tabungan akan banyak tujuan besar lain yang dapat dituju.

2. Membedakan kebutuhan dan keinginan

Cara berikutnya dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kamu harus mulai memahami kedua hal ini. Sebab jika tidak memahami hal ini akan membuat kamu tidak memiliki tabungan.

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang harus dipenuhi setiap waktunya, karena jika tidak dipenuhi berbahaya. Misalnya makan, bayar listrik, bayar air, maupun pembayaran lainnya yang wajib.

Sedangkan keinginan adalah hal yang tidak harus dituruti, jika tidak dituruti tidak akan berakibat buruk pada kehidupan. Seperti mengunjungi café setiap waktu luang maupun berlibur setiap ada kesempatan.

Padahal jika menunda beberapa keinginan sederhana tersebut dan menabung uang yang kamu miliki. Dapat membuat keinginan yang lebih besar dapat tercapai, bukan tidak boleh self reward.

Self reward sangat baik dilakukan untuk menghargai kerja keras yang sudah kamu lakukan. Namun dengan menahan keinginan tersebut dan menabung kamu dapat mencapai keinginan lain yang lebih besar.

BACA JUGA : Cara Mengatur Keuangan, Dijamin Tabungan Bertambah!

3. Berhemat                     

Cara mudah menabung berikutnya adalah dengan berhemat. Jika sudah menentukan mana kebutuhan dan keinginan berhemat dapat dilakukan terlebih ketika ada keinginan besar yang ingin dicapai.

Dengan berhemat dapat membuat pendapatan yang kamu miliki menjadi awet dan tidak gampang lenyap. Gunakan pendapatan sesuai kebutuhan dan simpan yang sekiranya tidak diperlukan.

Berhemat dengan mengurangi kebutuhan yang tidak penting menjadi pilihan. Catat kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dan tidak akan berhemat menjadi pengelolaan keuangan yang efektif.

4. Berinvestasi

Cara mudah menabung yang terakhir dengan melakukan investasi, namun investasi yang dilakukan dengan resiko rendah. Yang akan tetap mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan

Seperti melakukan investasi reksa dana maupun investasi tanah jika dimungkinkan. Karena keduanya akan bertambah seiring berjalannya waktu dan akan membuat tabungan kamu bertambah.

BACA JUGA : Cara Mengatur Keuangan ala Orang Kaya, Rekening Tabungan Dijamin Nilainya Auto Bertambah

Cara mudah menabung dapat Anda terapkan namun harus dilakukan secara berkala dan konsisten. Agar tabungan dapat bertambah banyak dan mendapat keuntungan setelahnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: