6 Cara Mudah Melunasi Utang dengan Cepat agar Finansial Tetap Aman

6 Cara Mudah Melunasi Utang dengan Cepat agar Finansial Tetap Aman

cara melunasi utang dengan cepat--foto tibun style

Jika cara sebelumnya menitikberatkan pada nominal cicilanmu, cara yang satu ini lebih menekankan pada frekuensi pembayaran dalam satu bulan.

Setiap ada penghasilan tambahan, sebaiknya langsung kalian sisihkan untuk membayar utang meskipun di bulan tersebut sebenarnya kalian sudah membayar cicilannya.

Tak apa jika kalian tetap membayarkan cicilan sebesar Rp20.000, namun pastikan untuk melakukannya lebih dari satu kali dalam satu bulan. Dengan begitu, utangmu tetap akan terbayarkan lebih cepat.

4. Negosiasi ulang dengan kreditur

Cara melunasi utang dengan cepat selanjutnya yaitu dengan negosiasi ulang ketentuan pembayaran yang masih memberatkanmu, seperti besaran bunga.

BACA JUGA:Begini Cara Efektif Melunasi Utang yang Menumpuk dengan Cepat dan Bijak Terbaru 2024

Apabila peminjam merupakan orang yang dekat denganmu, kalian bisa langsung ajak mereka negosiasi dengan cara yang sopan dan komunikatif.

Akan tetapi, apabila berurusan dengan lembaga yang lebih besar, kalian mungkin perlu bantuan dari perusahaan debt settlement. 

5. Cari sumber penghasilan tambahan

Cara selanjutnya yaitu dengan menghasilkan lebih banyak uang. Hal ini tentu tidak semudah yang dibayangkan, tetapi kalian pasti bisa melakukannya selama memiliki keinginan yang besar dibarengi dengan strategi yang matang.

Pasalnya, pintu-pintu peluang penghasilan tambahan kini terbuka dengan lebar. Kalian bisa mencari cuan dengan menjadi freelancer atau memulai side hustle yang sesuai dengan passion-mu.

Selain itu, kalian juga dapat memaksimalkan peluang lainnya seperti menjadi affiliator marketing atau mencari kerja part time. Yang terpenting, jangan sampai mengganggu pekerjaan utamamu.

BACA JUGA:9 Cara Efektif Melunasi Utang dengan Baik dan Benar, Menjelang Ramadhan Jangan Biarkan Menumpuk

6. Berhemat ketika belanja kebutuhan sehari-hari

Ketika grocery shopping atau berbelanja kebutuhan sehari-hari, ada beberapa tips yang bisa membantumu menghemat uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: