Pastikan Ibadah Puasamu Lancar dan Absah Berikut ini Rukun Puasa Ramadhan, Mari kita Simak

Pastikan Ibadah Puasamu Lancar dan Absah Berikut ini Rukun Puasa Ramadhan, Mari kita Simak

pastikan ibadah puasamu lancar dan absah, Berikut ini syarat dan rukun puasa ramadhan-Tangkapan layar Ma,had Aly Annur Malang-

DISWAY JATENG - Ramadhan telah tiba sebagian besar umat muslim khususnya di Indonesia, saat ini mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan untuk satu bulan kedepan. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam pelaksaannya, berpuasa harus sesuai dengan syarat dan rukun puasa Ramadhan.

Perlu diketahui, dalam agama islam, berpuasa ada syarat dan rukunnya yakni beragama Islam, berakal, dan baligh, wajib menunaikan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh syari’at. Rukun puasa Ramadhan ini pun wajib diikuti.

Selain dari pada itu, untuk memastikan keabsahan ibadah puasa Ramadhan, di antara yang menentukan sah atau tidaknya berpuasa, juga ada kaitannya dengan rukun puasa Ramadhan.

Berikut apa saja rukun puasa Ramadhan serta apa saja yang memastikan keabsahan puasa Ramadhan kita. Simak sampai tuntas ya.

BACA JUGA:Warga Sepakat Perda Kabupaten Tegal Tentang Pendidikan Keagamaan Tetap Dipertahankan

BACA JUGA:Balai Litbang Agama Semarang Inventarisir 19 Manuskrip Keagamaan

Pengertian Rukun Puasa

Melansir dari NU Online, yang dimasksud rukun ialah sesuatu yang harus dilakukan untuk keabsahan suatu ibadah.

مَعْنَي الرُّكْنِ: رُكْنُ الشَّيْءِ مَا كَانَ جُزْءاً أَسَاسِيًّا مِنْهُ كَالْجِدَارِ مِنَ الْغُرْفَةِ

Artinya: “Ma’na rukun adalah sesuatu yang menjadi bagian dasar dari sesuatu, seperti tembok yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah bangunan.” (Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha, Al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhab al-Imâm al-Syâfi’i, [Al-Fithrah, Surabaya: 2000), juz I, halaman 129

Melihat dari keterangan di atas, jadi rukun puasa itu yakni hal-hal yang harus dilakukan untuk keabsahan puasa. Sehingga, apabila hal tersebut ditinggalkan, maka ibadah puasa yang dilakukan belum dikatakan sah.

Kemudian apa saja yang termasuk rukun puasa?

Menurut Syekh Ibnu Qasim Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qarib, dijelaskan setidaknya ada empat rukun puasa Ramadhan di antaranya; niat, menahan diri (dari hal yang membatalkan puasa).

1. Niat pada Malam Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: