Buka KMD, Ketua Kwarcab Tegal Ingatkan untuk Selalu Membuat Dasar POA

Buka KMD, Ketua Kwarcab Tegal Ingatkan untuk Selalu Membuat Dasar POA

MEMBUKA - Ketua Kwartir Cabang Tegal Widodo Joko Mulyono membuka KMD.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab)Tegal Widodo Joko Mulyono membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di SMP Negeri 2 Lebaksiu. Kegiatan merupakan suatu pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka. Melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan Pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak dan racana pandega.

Ketua Kwartir Cabang Tegal Widodo Joko Mulyono menyampaikan bahwa pramuka itu praktik untuk menyalurkan rasa kasih sayang. Kemanusiaan, rasa kasih asuh kepada anak-anak didik. Untuk menumbuhkan karakter yang baik dan pengetahuan kepramukaan. Yang meliputi pendidikan dan nilai-nilai serta norma kehidupan.

BACA JUGA:Pemilu Tahun 2024, Inilah Caleg DPRD Kota/Kabupaten Peraih Suara Terbanyak di Jawa Tengah

Setelah ini silahkan Planing of Action (POA) atau rencana aksi untuk membantu Kwarran. Dengan sasaran yaitu anak didik dari mulai prasiaga hingga penegak pandega.

“Tujuannya yaitu untuk merubah karakter anak didik sejak dini," bebernya.

Terkait dengan itu, KMD ini di bagi atas dua tingkatan, yaitu pembina siaga dan penggalang di Kwarran Lebaksiu. Dengan harapan para Pembina ini bisa mencetak Pramuka Garuda untuk mewujudkan salah satu cita-cita gerakan pramuka.

BACA JUGA:Lampu PJU di Wilayah Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Sebagian Mati dan Rusak

Selain itu, Joko juga memberikan contoh dalam pramuka untuk dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Yang memudahkan berinovasi, salah satunya dengan memanfaatkan lapangan di tiap desa untuk dijadikan bumi perkemahan (buper). Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya ketika ada acara perkemahan. 

Masyarakat dapat mejual belikan hasil karya, makanan, atau aksesoris pramuka seperti skraf, cincin hasduk, kaos lapangan dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: