5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Sehari-hari, Bikin Rekening Tabungan Semakin Bertambah

5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Sehari-hari, Bikin Rekening Tabungan Semakin Bertambah

KEUANGAN - 5 Cara Mudah Mengatur Keuangan! Bikin Tabungan Bertambah!--

DISWAY JATENG - 5 Cara Mudah Mengatur Keuangan! Bikin Tabungan Bertambah! Keuangan merupakan suatu hal yang sangat rawan. Karena keuangan dapat datang dan pergi dalam sekejap jika tidak dikelola dengan baik.

Tentu cara mengelola keuangan menjadi salah satu hal yang sulit dan cukup merepotkan bagi sebagian orang. Dengan cara mudah mengatur keuangan ini dapat membantu kamu dalam keuangan.

Cara mudah mengatur keuangan ini dapat membuat pendapatan yang kamu miliki dapat dikelola dengan tepat. Tentunya cara ini tidak bisa instan yang membuat tabunganmu menjadi mendadak bertambah.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan, Dijamin Tabungan Bertambah!

Cara mudah mengatur keuangan bikin tabungan kamu bertambah:

1. Mencatat keuangan

Cara mudah mengatur keuangan yang pertama dapat kamu lakukan adalah mencatat keuangan yang dimiliki. Catatan ini berisi pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan selama sebulan.

Dengan membuat perhitungan sederhana namun detail tentang segala pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Awal bulan tentu harus mencatat pemasukan yang diperoleh dari gaji pekerjaan.

Selanjutnya catat setiap pengeluaran yang dilakukan sedetail mungkin agar jelas digunakan untuk keperluan apa saja. Walaupun hanya pengeluaran yang kecil lakukan pencatatan pada buku keuangan.

Setelah akhir bulan, lakukan evaluasi terhadap perilaku keuangan selama sebulan terakhir agar lebih jelas. Sebisa mungkin kurangi pengeluaran yang tidak perlu, gunakan untuk kebutuhan pokok saja.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan ala Orang Kaya, Rekening Tabungan Dijamin Nilainya Auto Bertambah

Tentunya mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, misalkan bulan lalu 8 kali ke restaurant atau café. Mungkin pada bulan selanjutnya dapat mengurangi kunjungan tersebut hanya 3 hingga 4 kali saja.

Mengurangi pengeluaran tidak perlu bukan menghilangkannya, karena akan sulit jika dilakukan mendadak. Lakukan secara bertahap pengurangan pengeluaran tersebut maka kamu akan terbiasa akan hal itu.

2. Jangan konsumtif

Sifat ini menjadi sulit dikendalikan terutama di era digitalisasi seperti sekarang ini. Karena dengan banyaknya e-commerce yang menawarkan banyak promo dan keuntungan membuat terlena.

Apalagi saat memasuki tanggal cantik akan banyak diskon dan cashback yang menggiurkan yang tentu membuatmu tertarik. Belum lagi karena barang atau produk tersebut terlihat lucu atau sedang viral.

BACA JUGA: Tips Mengatur Keuangan ala Mahasiswa

Tentu akan menjadi buruan, ini juga harus dihilangkan namun tidak dapat dilakukan begitu saja secara instan. Dengan membuat pertimbangan apakah hal tersebut benar dibutuhkan atau hanya ingin saja.

Karena jika hanya keinginan saja itu sudah sulit, karena tidak akan ada habisnya. Mempertimbangkan sebelum melakukan pembelian menjadi solusi mudah dalam mengatasi sifat ini.

3. Buat prioritas kebutuhan

Buat priortas kebutuhan merupakan cara mudah mengatur keuangan selanjutnya yang dapat kamu lakukan. Terlebih setelah mengurangi sifat konsumtif seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Utamakan kebutuhan pokok daripada keinginan yang tidak ada habisnya, dengan memikirkan dan mempertimbangkan sebelumnya. Dengan adanya prioritas kebutuhan ini dapat membuat uang dapat tersisa.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan ala Orang Kaya, Rekening Tabungan Dijamin Nilainya Auto Bertambah

Karena pendapatan hanya digunakan untuk kebutuhan dan mengesampingkan keinginan. Tentu jika selalu dilakukan akan membuat tabungan kamu dapat bertambah secara bertahap.

4. Buat target masa depan

Cara berikutnya adalah dengan membuat target masa depan, seperti goals apa yang ingin kamu beli atau miliki. Ketika memiliki target untuk suatu hal cenderung lebih konsisten dalam melakukannya.

Karena ada tujuan yang harus dicapai dimasa depan tentunya tidak mudah. Sehingga ada hal yang harus dikorbankan demi hal lain yang menjadi target di masa depan.

5. Jangan takut berinvestasi

Cara mudah mengatur keuangan yang terakhir adalah jangan takut investasi. Apalagi sekarang ini sudah banyak investasi mudah serta memiliki kerugian yang sangat minim.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan, Dijamin Tabungan Bertambah!

Dengan ini, kamu dapat memotivasi diri untuk menyisihkan berapapun uang yang dimiliki untuk diinvestasikan. Karena ini akan berguna di masa akan datang tentunya jika dilakukan secara berkala.

Berikut cara mudah mengatur keuangan yang dapat kamu terapkan, namun cara ini harus kamu lakukan dengan konsisten. Maka tabungan kamu akan bertambah sedikit demi sedikit dalam beberapa waktu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: