Manfaat Air Mawar untuk Rambut, Bisa Dibikin Hair Tonic Begini Cara Membuatnya

Manfaat Air Mawar untuk Rambut, Bisa Dibikin Hair Tonic Begini Cara Membuatnya

Manfaat air mawar untuk hair tonic -Orami-

DISWAYJATENG - Siapa yang nyangka, ya, kalo bunga mawar yang biasanya cuma dipake buat bunga-bungaannya aja, ternyata punya banyak manfaat buat rambut juga? Salah satunya manfaat air mawar dalam bentuk hair tonic.

Hair tonic ini memiliki peran penting dalam perawatan rambut. Nah, untuk mendapatkan hair tonic, kamu bisa membuatnya dengan manfaat air mawar.

Hair tonic dari air mawar juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Sama saja dengan produk hair tonic lainnya, perawatan rambut yang satu ini juga bisa kamu olah dari manfaat air mawar.

BACA JUGA:Serum Wajah dari Air Mawar, Efektif untuk Mengatasi Flek Hitam

Mungkin terdengar asing di telingamu, namun hair tonic dari air mawar ini sudah banyak digunakan dan terbukti membantu perawatan rambut bahkan sampai ke kulit kepala. Nah, kalo penasaran pengen tau apa aja manfaatnya, yuk kita bahas bareng di sini!

1. Mengontrol Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala yang berminyak bisa jadi bikin masalah banget, mulai dari rambut yang jadi lepek, ketombe, sampe jerawat di kulit kepala. Nah, untuk ngurangin masalah ini, cobain deh pake air mawar sebagai rangkaian perawatan rambutmu.

BACA JUGA:Memaksimalkan Manfaat Air Mawar untuk Kulit Cerah, Rekomendasi Skincare Alami dan Murah

Kamu bisa menggunakan hair tonic dari air mawar yang bisa bantu banget ngejaga pH kulit kepala, jadi bisa ngurangin kadar minyaknya. Selain itu, air mawar juga punya sifat sebagai mild astringent yang bisa bantu ngurangin minyak dan ketombe.

2. Mengurangi Kekeringan pada Rambut

Sinar matahari dan polusi emang sering banget bikin rambut jadi kering dan dehidrasi. Nah, solusinya? Pake aja hair tonic dari air mawar buat melembapkan dan menenangkan kulit kepalamu yang kepanasan atau kena polusi. Dengan kulit kepala yang lebih lembap, rambut juga bakal lebih lembut dan gampang diatur.

BACA JUGA:Atasi Penuaan dengan Air Mawar, Berikut Nilai Kandungan Mineral dan Cara Menggunakannya

3. Memperbaiki Rambut Rusak

Suka pake alat catok buat nata rambut? Nah, kebiasaan ini bisa bikin rambut kamu cepet rusak, loh! Selain kering, rambut juga bisa kehilangan kekuatannya, jadi rapuh dan gampang patah. Nah, buat ngembalikan kesehatan rambutmu, cobain deh pijet kulit kepalamu pake hair tonic dari manfaat air mawar.

Cara ini bisa bantu ngeboost sirkulasi darah dan meremajakan folikel rambut. Atau, kamu juga bisa bilas rambutmu pake air mawar buat bikin rambut lebih lembut dan berkilau.

4. Memicu Pertumbuhan Rambut

Kalo punya rambut yang tipis dan gampang rontok, jangan putus asa dulu. Manfaat Air mawar punya kandungan vitamin A, C, D, E, dan B3 yang bisa bantu nutrisi rambutmu. Selain bikin rambutmu lebih kuat, air mawar juga bisa ngebantu ngurangin kerontokan rambut loh!

5. Membersihkan dan Melembutkan Rambut

Kalo diibaratkan kayak skincare, air mawar bisa jadi toner buat kulit kepalamu. Kandungan anti-bakteri di air mawar ini bisa bantu ngilangin bakteri di rambut dan kulit kepala, nggak bikin rambutmu jadi kering.

Selain itu, kamu juga bisa merasakan rambut yang lebih lembut dan tebal kalo rutin pake air mawar di rambut. Gimana, tertarik buat cobain manfaat hair tonic dari air mawar untuk rambutmu? Nah, kalo iya, ini nih cara buat hair tonic air mawar yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

Cara Membuat Hair Tonic Air Mawar

Bahan:

- Air suling

- Segenggam kelopak mawar merah kering/segar (pilih yang organik dan bebas pestisida)

- Kain bersih untuk menyaring

- Botol semprot

Cara membuat:

1. Didihkan air dalam panci, terus tambahin segenggam kelopak mawar.

2. Tutup pancinya dan didihin sampe warna kelopak mawarnya memudar.

3. Angkat dan biarkan air mawarnya dingin, terus saring pake kain bersih.

4. Tuang air mawar ke dalam botol semprot.

5. Simpan maksimal selama 7 hari di suhu kamar atau 1 bulan di kulkas.

Gampang banget, kan? Sekarang, kamu udah bisa dapetin manfaat air mawar buat rambutmu sendiri di rumah! Cobalah untuk membuatnya dan rasakan manfaat hair tonic dari air mawar ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: