Cara Melunasi Utang Pinjol dan Tips Minta Keringanan Pembayaran Kepada Debt Collector

Cara Melunasi Utang Pinjol dan Tips Minta Keringanan Pembayaran Kepada Debt Collector

Cara melunasi utang pinjol dan tips minta keringanan ke DC--

DISWAY JATENG - Cara melunasi utang pinjol merupakan sebuah langkah penting untuk menghindari kerugian mendatang. Lalu, apa saja cara terbebas dari hutang pinjaman online jika sudah terlanjur terjerat di pinjol?

Ada beberapa cara melunasi utang pinjol yang paling ampuh dan efektif. Pastikan Anda membayar utang dengan disiplin, memiliki perencanaan keuangan yang baik, dan kemauan untuk melakukan pengorbanan sementara.

Jadi, cara melunasi hutang pinjol dapat dilakukan jika kamu benar-benar mau terbebas dari jeratan pinjaman online. Tak hanya strategi keuangan saja, negosiasi dengan Debt Collector (DC) juga diperlukan agar tidak ditagih setiap hari.

Simak artikel di bawah ini tentang cara melunasi utang pinjol dan negosiasi dengan DC lapangan. Berikut pembahasan lebih detail dan langkah-langkah yang dapat Anda coba.

BACA JUGA: 6 Pinjol Bunga Rendah Terbaru 2024 Terdaftar OJK, Suku Bunga di Bawah 1%

Cara melunasi utang pinjol paling aman dan efektif

1. Prioritaskan bayar utang

Cara melunasi utang pinjol pertama, yakni dengan memprioritaskan pembayaran tagihan utang. Pastikan Anda mengidentifikasi pinjol yang memiliki suku bunga tertinggi atau yang memberikan tekanan finansial terbesar. 

2. Buat Anggaran

Tips berikutnya supaya utang cepat lunas yakni dengan membuat anggaran keuangan. Tentukan berapa banyak uang yang dapat dialokasikan untuk melunasi hutang dan buat rinciannya secara detail.

3. Manfaatkan Pendapatan Tambahan

Jika ada pendapatan tambahan seperti bonus, kamu dapat menggunakanya untuk melunasi utang. Jangan menggunakan pendapatan tersebut untuk keperluan yang tidak perlu.

BACA JUGA: Utang di Bawah 1 Juta Apakah Didatangi DC Lapangan Pinjol? Begini Penjelasan Lengkapnya

Pada era digital ini sudah banyak kerjaan sampingan yang menghasilkan dana. Anda bisa menjadi reseller, penulis, ojek online, atau lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: