Begini Cara Efektif Hapus Data Pribadi di Pinjol yang Belum Lunas Terbaru 2024

Begini Cara Efektif Hapus Data Pribadi di Pinjol yang Belum Lunas Terbaru 2024

cara hapus data pribadi di pinjol yang belum lunas--foto radar tegal

1. Hubungi Layanan Pelanggan Pinjaman

Kalian dapat mengajukan permohonan penghapusan data melalui layanan pelanggan pinjaman. Pinjaman yang terpercaya akan memiliki informasi kontak yang bisa dihubungi.

Kalian dapat mengirimkan keluhan melalui email atau menghubungi nomor telepon yang tercantum dalam aplikasi atau situs web pinjaman tersebut.

2. Hapus Aplikasi Pinjaman

Langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi pinjaman. Dengan menghapus aplikasi, data pribadi tidak akan lagi dapat diakses oleh pinjaman tersebut.

Pinjaman online yang sah dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki aturan ketat tentang akses informasi. Aplikasi yang sah tidak akan meminta akses ke informasi pribadi seperti layanan perbankan, kontak, dan lainnya.

3. Hapus Data Secara Menyeluruh

Cara hapus data pribadi di pinjol selanjutnya adalah, kalian bisa menghapus data secara menyeluruh atau bersih. Melalui menu pengaturan, pilih opsi hapus data dan cache.

Dengan menggunakan metode ini, data kalian akan bersih dan kalian dapat mencegah pinjaman untuk menyebarkan informasi pribadi kalian.

BACA JUGA:Cara Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Terbaru 2024, Tak Perlu Takut Diteror Debt Collector

4. Laporkan Pinjaman Ilegal ke Pihak yang Berwenang

Pinjaman online atau pinjol ilegal seringkali memiliki debt collector (DC) lapangan yang intimidatif saat melakukan penagihan.

Melaporkan pinjaman ilegal kepada pihak berwajib bisa membuat mereka menghadapi konsekuensi hukum karena kegiatan yang mengganggu masyarakat.

Demikian beberapa informasi mengenai cara hapus data pribadi di pinjol yang belum lunas yang dapat kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: