Syarat dan Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol agar Tetap Aman dan Cepat Lunas Terbaru 2024

Syarat dan Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol agar Tetap Aman dan Cepat Lunas Terbaru 2024

cara hapus data pribadi di pinjol agar tetap aman--foto jalan tikus

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau pinjol sering dimanfaatkan orang yang membutuhkan uang dengan cara cepat dan mudah. Jika kalian tidak ingin berhubungan lagi dengan pinjol, bisa menyiasati dengan cara hapus data pribadi di pinjol agar tetap aman.

Sayangnya tidak semua pinjaman online atau pinjol legal terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Banyak pinjol ilegal yang justru menjerat nasabahnya dengan bunga yang tinggi sehingga kesulitan mengembalikan dana yang dipinjamnya. Maka kalian perlu mengetahui cara hapus data pribadi di pinjol agar tetap aman dan tidak disalahgunkan.

Saat mengajukan pinjaman online baik dari aplikasi ataupun situs, nasabah akan dimina untuk mengisi sejumlah data diri. Data tersebut juga termaksud dengan KTP, disertai foto. Hal ini mungkin saja bisa menjadi sangat berisiko khususnya bila pinjaman online yang digunakan merupkan pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK. Karena itu, kalian butuh cara hapus data pribadi di pinjol agar tetap aman. 

Apabila proses peminjaman sudah selesai dilakukan dan tunggakan sudah lunas, kalian dapat menghapus data diri pribadi di pinjaman online agar tetap aman pada aplikasi maupun situs pinjaman tersebut.

Berikut Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol agar Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Melunasi Utang Pinjol yang Sudah Menumpuk? Berikut 7 Langkah Mudah yang Harus Dicoba

1. Hapus aplikasi Pinjaman Online

Setelah menghapus data diri, kalian bisa menghapus aplikasi pinjaman online tersebut sebagai alternatif lainnya. Jika semua utang sudah dilunasi dan data sudah dibersihkan namun kalian masih terganggu dengan teror pinjol alias pinjaman online, segeralah laporkan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK akan menerima laporan khususnya terkait dengan pinjaman online atau pinjol ilegal.

2. Lewat layanan Customer Service

Penghapusan data pribadi di pinjaman online atau pinjol bisa kalian coba dengan cara mengajukan permohonan melalui Customer Service di aplikasi tersebut.

Caranya, kalian dapat langsung menghubungi pihak customer service aplikasi dan menjelaskan bahwa segala pinjaman sudah berhasil dilunasi.

BACA JUGA:Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk Terbaru 2024, Berikut Tipsnya yang Harus Kamu Coba

Selanjutnya, mintalah pihak pinjaman online atau pinjol untuk menghapus data dalam daftar customer mereka.

  • Hapus seluruh data dari aplikasi
  • Selanjutnya, kalian dapat menghapus data dirimu yang terdaftar dalam aplikasi tersebut melalui menu pengaturan.
  • Buka menu pengaturan dalam aplikasi tersebut, dan lakukan reset data atau hapus chace pada aplikasi.

Syarat Menghapus Data Pribadi di Pinjol agar Tetap Aman dan Cepat Lunas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: