4 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol Ilegal

4 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol Ilegal

PINJOL - Cara Lepas dari Pinjol Ilegal!--

DISWAY JATENG - Cara Lepas dari Jeratan Pinjol Ilegal! Simak Hal yang Bisa Dilakukan! Pinjol banyak dipilih karena mudah dan cepat. Namun terkadang saat seseorang membutuhkan dana pastinya tidak akan memperhatikan hal tersebut.

Pinjol terdapat 2 jenis, legal yang diawasi OJK dan illegal yang keberadaannya tidak diketahui dan pinjamannya tidak transparan. Cara lepas dari jeratan pinjol illegal merupakan hal yang wajib dilakukan.

Cara lepas dari jeratan pinjol illegal tentunya mudah, bukan pemerintah menutup mata akan hal ini. Namun banyak aplikasi pinjol illegal yang ditutup akan semakin banyak pinjol illegal lain yang bermunculan.

Sehingga diperlukan kejelian calon nasabah yang baru akan mengajukan pinjaman online. Namun jika sudah terlanjur ada cara lepas dari jeratan pinjol illegal tentunya harus dilakukan secepatnya sebelum terlambat.

BACA JUGA : Ingin Lepas dari Jeratan Pinjol? Inilah 8 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol dengan Lebih Cepat

Berikut cara lepas dari jeratan pinjol illegal ini dapat dilakukan tentunya aman:

1. Lunasi utang

Cara lepas dari jeratan pinjol illegal yang pertama harus Anda lakukan adalah melunasi hutang yang dimiliki. Dengan menyisihkan pendapatan yang dimiliki atau dengan mencari pekerjaan tambahan.

 

Menyisihkan pendapatan merupakan cara utama yang harus dilakukan, karena dengan ini pendapatan dapat digunakan untuk melunasi hutang. Namun cara ini harus dilakukan secara berkala agar terkumpul banyak.

Berikutnya dengan mencari pendapatan tambahan bisa dengan mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Atau dengan berjualan secara online maupun offline karena peluangnya besar.

Terakhir dapat dengan menjual beberapa aset bernilai tinggi yang Anda miliki. Cara ini dapat digunakan apabila memiliki hutang pinjol illegal berjumlah banyak, cara ini tentunya mudah dan cepat dilakukan.

2. Ajukan keringanan

Ajukan keringanan merupakan cara lepas dari jeratan pinjol illegal berikutnya yang dapat Anda lakukan. Terlebih jika belum dapat melakukan pelunasan pinjol illegal karena jumlahnya yang sangat besar.

Jika sudah mengajukan keringanan pembayaran sebisa mungkin Anda melakukan pembayaran sesuai dengan perjanjian. Karena jika tidak dilakukan pembayaran sesuai dengan perjanjian tentunya akan mendapatkan teror.

Terlebih jika aplikasi tersebut illegal, tentunya akan mendapat banyak ancaman saat tidak kunjung membayar sesuai dengan waktunya. Ancamannya bisa sebar data maupun diteror secara berkala.

Tentunya ini akan menggangu privasi Anda sebagai peminjam pada aplikasi pinjol illegal. Janjikan pembayaran sesuai dengan kemampuan, jangan terlalu cepat atau terlalu lama yang akan membebankan.

BACA JUGA : 6 Cara Terbebas dari Jeratan Pinjol Ilegal Sebelum Puasa Ramadan, Auto Lunas Gratis Tanpa Bayar Sepeser Pun

3. Jangan gali lubang tutup lubang

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk lepas dari jeratan pinjol illegal dengan tidak melakukan gali lubang tutup lubang. Karena cara ini dinilai akan menambah beban finansial peminjam.

Walaupun bertujuan untuk melunasi pinjol illegal yang sebelumnya tentu tidak disarakan untuk dilakukan. Walaupun aplikasi untuk melakukan pinjamannya  sudah memiliki ijin dari OJK yang pasti aman.

Sebab setiap pinjaman baik konvensional maupun online memiliki bunga, biaya keterlambatan dan sebagainya. Tentunya akan membuat hutang yang Anda miliki tidak akan habis jika hal ini diterapkan.

4. Laporkan pada pihak berwajib

Cara terkahir yang dapat dilakukan dengan melaporkan pada pihak berwajib, terlebih jika Anda sudah mendapatkan teror. Teror merupakan hal yang sangat dilarang OJK karena menganggu privasi.

Bisa dengan mengirim email melalui [email protected] atau dapat langsung datang ke kantor OJK terdekat di kota Anda. Bisa pula mengajukan pengaduan pada kominfo di [email protected].

Tentunya dengan menyertakan beberapa bukti ancaman yang dilakukan baik verbal maupun nonverbal. Dan bukti teror yang dialami, mulai dari teror datang ke rumah atau melalui pesan singkat.

BACA JUGA : 8 Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol Terbaru 2024, Solusi Efektif Lunasi Hutang

Demikian beberapa cara lepas dari jeratan pinjol ilegal yang dapat Anda lakukan. Dengan beberapa cara ini dihaparkan tidak ada lagi yang terjerat pinjol illegal dan semakin memiliki literasi keuangan yang semakin baik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: