Begini 6 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol Secara Permanen Terbaru 2024, Mudah dan Aman

Begini 6 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol Secara Permanen Terbaru 2024, Mudah dan Aman

cara hapus data pribadi di pinjol secara permanen--foto finansial bisnis

DISWAY JATENG - Sebelum menghapus data pribadi di pinjol alias pinjaman online secara permanen, pastikan terlebih dahulu utang dan bunga kredit sudah terbayar lunas serta jaminan atau agunan sudah dikembalikan kepada kalian (jika memakai jaminan).

Apakah kalian takut diteror pinjaman online atau pinjol dan ingin menghapus data pribadi di aplikasi?. Bila memang demikian, disarankan kalian bisa menghapus data pribadi di pinjol secara permanen dengan syarat utama telah melunasi utang cicilan atau angsuran kredit.

Setelah melunasi utang kredit, namun takut sewaktu-waktu diteror atau disalahgunakan oleh pinjaman online kalian dapat menghapus data pribadi di pinjol alias pinjaman online secara permanen dengan aman.

Jangan sampai utang belum lunas kalian ingin melarikan diri karena berisiko diblokir melalui BI checking atau SLIK OJK. Dan apabila suatu saat kalian membutuhkan pinjaman dari pinjol yang lain, tetap tidak bisa cair karena nama sudah terblokir. Lalu, bagaimana cara menghapus data pribadi di pinjol atau pinjaman online secara permanen?. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk Terbaru 2024, Berikut Tipsnya yang Harus Kamu Coba

1. Menonaktifkan semua media sosial

Agar data dari media sosial tidak diambil oleh pinjaman online, kalian dapat menghapus atau merahasiakan dengan cara memilih pengaturan ‘Hanya Anda’ yang dapat melihat data pribadi maupun postingan. Langkah ini adalah menonaktifkan semua medsos untuk sementara waktu bahkan kalian perlu membuat akun baru apabila teror sudah sangat mengganggu.

2. Hubungi call center aplikasi pinjaman online

Apabila cara menghapus data pribadi di pinjol secara permanen dan mandiri tidak dapat dilakukan, kalian bisa menghubungi call center. Menghubungi call center juga bisa dilakukan atas komplain karena kalian diteror terus menerus dan ditagih padahal utang kredit sudah lunas. Sampaikan keluhan dengan baik dan jelaskan bahwa kalian benar telah melunasi utang kredit serta merasa tidak nyaman diteror terus menerus.

BACA JUGA:Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk Terbaru 2024, Berikut Tipsnya yang Harus Kamu Coba

3. Menghapus seluruh data pribadi di aplikasi pinjol hanya via HP

Buka pengaturan HP, pilih ‘Aplikasi dan Pemberitahuan’, pilih aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan, dan pilih ‘Hapus Data dan Cache’.

4. Mengganti SIM card

Cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjol agar tidak diteror terus menerus adalah mengganti SIM card. Dengan mengganti nomor kalian akan aman dari teror, namun dengan catatan pinjol alias pinjaman online tidak meretas isi HP kalian karena bisa saja keluarga atau kerabat kalian yang akan diteror.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: