Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar dengan Cepat Terbaru 2024, Lakukan 8 Langkah Cerdas Ini

Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar dengan Cepat Terbaru 2024, Lakukan 8 Langkah Cerdas Ini

cara melunasi utang pinjol tanpa bayar dengan cepat--foto radar tegal

Cara melunasi utang pinjol tanpa bayar dengan cepat lainnya adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Terutama, jika penghasilan pokok yang kalian dapatkan tidak cukup untuk melunasi dana pinjaman. 

Untuk mencari pemasukan tambahan, kalian bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki. Misalnya, dengan melakukan kerja sampingan pada saat weekend ataupun malam hari.   

5. Lakukan Analisis Pemasukan dan Pengeluaran

Sebelum menggunakan fasilitas pinjaman online, sangat disarankan untuk melakukan analisis keuangan terlebih dahulu. Namun, jika kalian terlanjur meminjam dana pada pihak lain, langkah yang satu ini tetap bisa digunakan. 

Dan sebaiknya buatlah perencanaan keuangan dengan melakukan analisis terhadap pemasukan dan pengeluaran. Jika sudah, kalian bisa menyusun strategi untuk melunasi utang. 

6. Bayar dengan Skala Prioritas

Jika sudah punya niat untuk melunasi utang, kalian bisa mulai membayar tagihan dengan skala prioritas. Cobalah untuk membuat catatan uang. Lalu, tentukan beban utang mana saja yang masuk ke dalam daftar prioritas, baik dari perhitungan tenor sampai total beban.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Hindari Kejaran Debt Collector Datang ke Rumah

7. Jualan Barang yang Tidak Terpakai

Namun, jika penghasilan tersebut belum bisa melunasi utang yang menumpuk, kalian bisa menjual barang yang tidak terpakai.

Barang yang tidak terpakai ini, misal sepatu, baju, atau barang lainnya. Dengan memanfaatkan media sosial, kalian bisa mempromosikannya.

8. Buat Rekapitulasi Utang

Untuk melunasi utang yang yang selanjutnya, kalian harus membuat rincian daftar tagihan. Hal ini bisa menjadi langkah penting, khususnya dalam skema terbaik buat finansial stabil. Kalian bisa membuat daftar utang, seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan, cicilan kartu kredit, dan cicilan pinjaman lainnya.

Demikian beberapa informasi mengenai cara melunasi utang pinjol tanpa bayar dengan cepat yang dapat kalian lakukan dan praktekkan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: