Siswa MAN Kota Tegal Tampilkan Senam Irama Kreasi

Siswa MAN Kota Tegal Tampilkan Senam Irama Kreasi

SENAM - Siswa MAN Kota Tegal menampilkan senam irama kreasi saat Ujian Praktik Penjasorkes di madrasah.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Siswa Kelas XII MAN Kota Tegal yang tergabung dalam kelompok. Menampilkan senam irama kreasi hasil karya mereka sendiri dalam Ujian Praktik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Yang diselenggarakan masih dalam rangkaian penilaian Assesmen Madrasah, setelah sebelumnya menjalani Ujian Praktik Keagamaan.

Guru Olahraga MAN Kota Tegal Fauqo Malik Aj Jauzzi SPd yang melakukan penilaian bersama Lukmanul Hakim MPd dan Ardhan Bayu Himawan SPd mengatakan, siswa ditugaskan membuat kreasi senam irama dengan gerakan dan musik iringan sesuai keinginan atau pilihan siswa sendiri. Namun, tetap mengacu pakem atau dasar-dasar senam irama. 

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Pemalang Gelar Rapat Paripurna Usulan Pemberhentian Jabatan Ketua

Agar siswa mempunyai pedoman atau pegangan dalam mengkreasikan, mereka dibekali pengetahuan dasar-dasar senam irama. Di antaranya gerakan dasar kaki dan tangan serta kesesuaian antara gerakan dan musik. “Siswa diberi tugas membuat kreasi senam irama dalam waktu satu bulan dengan harapan pada saat perform mereka sudah hafal gerakan dan mahir,” kata Fauko.

Selain berkreasi dengan gerakan dan musik, Fauko melanjutkan, siswa juga diperbolehkan perform dengan menambahkan aksesoris dalam penampilannya untuk menambah nilai, tetapi tetap dengan memegang etika untuk selalu menjunjung motto MAN Kota Tegal yakni Madrasah Hebat Bermartabat dan Rahmat.

BACA JUGA:7 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Pemalang Dilantik Oleh Bupati

Di samping senam irama kreasi, Ujian Praktik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mengujikan senam lantai. Di mana yang dinilai antara lain rol depan, rol belakang, dan gerakan kayang. Kemudian, renang gaya bebas. “Untuk renang penilaian dilakukan secara terpisah harinya antara siswa laki-laki dan perempuan,” ungkap Fauko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: