Kenali Kelebihan dan Kekurangan Pinjam Uang Online, Ketahui Sebelum Ajukan Pinjaman

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Pinjam Uang Online, Ketahui Sebelum Ajukan Pinjaman

kelebihan dan kekurangan pinjam uang online--foto inilah.com

Kekurangan Pinjam Uang Online

1. Bunga cukup tinggi

BACA JUGA:Syarat dan Cara Mudah Pinjam Uang di Bank Jago Tanpa Jaminan dan Biaya Admin, Berikut Tipsnya Agar Disetujui

Kekurangan dari layanan pinjaman online yaitu bunga yang lebih tinggi karena sistemnya berlaku harian. Sistem bunga harian memang tidak begitu membebani nasabah yang mengambil tenor pelunasan singkat, tetapi sistem ini akan sangat berat jika nasabah akan mengambil pinjaman dengan tenor pelunasan yang lebih panjang. 

2. Nominal pinjaman terbatas

Layanan pinjam uang online memang memberikan banyak kemudahan bagi nasabah. Namun, kalian juga perlu tahu bahwa umumnya fintech yang menyediakan layanan pinjaman online akan memberikan nominal atau plafon pinjaman yang lebih terbatas. Umumnya plafon pinjaman dibatasi hanya sampai belasan atau puluhan juta rupiah saja. Hal ini tentunya menjadi kekurangan layanan pinjam uang online jika kalian membutuhkan pinjaman dalam nominal yang lebih besar. 

3. Durasi pelunasan singkat

Selain plafon pinjaman terbatas, kekurangan layanan pinjaman online selanjutnya yaitu mengenai durasi pelunasan yang lebih singkat. Umumnya fintech menyediakan pilihan durasi pinjaman mulai dari 30 hari, 6 bulan, dan 12 bulan saja. 

Tips dari OJK

Berkembangnya fintech di Indonesia memberikan angin segar bagi siapapun yang butuh pinjaman dalam waktu dekat. Umumnya, fintech lending hanya membutuhkan data pribadi seperti KTP, NPWP, serta akses smartphone untuk melakukan proses pengajuan pinjaman online. Padahal, data pribadi seperti KTP perlu dijaga agar tidak disalahgunakan.

OJK menginformasikan beberapa tips agar terhindar dari jeratan pinjaman online ilegal :

BACA JUGA:Ingin Pinjam Uang Rp5 Juta Tanpa Jaminan? Ajukan di 6 Aplikasi Pinjol Ini, Bunga Rendah dan Tenor Panjang

  • Jangan mudah tergiur dengan nominal jumlah pinjaman yang besar, selalu sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial.
  • Selalu periksa persyaratan dan ketentuan dengan jelas. Jika dirasa ada hal yang meragukan, alangkah baiknya untuk membatalkan proses pengajuan online.
  • Cek terlebih dahulu apakah lembaga pinjol yang hendak kalian hubungi terdaftar dalam situs resmi OJK.
  • Lakukan riset terkait riwayat operasional pihak fintech lending. apakah memiliki rekam jejak digital yang bermasalah atau tidak.
  • Ketahui dan pahami beberapa hal di atas sebelum kalian memutuskan pinjam uang online. 

Jika kalian butuh pinjaman online, kalian bisa menggunakan fasilitas Xtra Dana dari CIMB Niaga. Xtra Dana menawarkan solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan, mulai dari renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, liburan, hingga kebutuhan lainnya. Kalian bisa mengajukan Xtra Dana secara online melalui OCTO Loan. 

Demikian beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan pinjam uang online beserta tipsnya dari OJK yang harus kalian perhatikan dan pahami. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: