Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Pemalang Tidak Layak karena Rusak Parah

Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Pemalang Tidak Layak karena Rusak Parah

BERLUBANG - Jalan Jenderal Sudirman yang terlihat berlubang, belum ada perbaikan.Foto:M Ridwan/jateng.disway id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sejak pergantian bupati tahun 2019 hinga saat ini, tidak ada perbaikan jalan. Hal itu membuat struktur jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan protokol sangat tidak layak. Setidaknya dibutuhkan pembangunan ulang jalan.

Kepala DPUPR Kabupaten Pemalang Joko Tri Asmoro menjelaskan, struktur Jalan Jenderal Sudirman saat ini sudah sangat parah. Sebagian besar struktur badan jalan harus dibongkar dan dibangun ulang, sehingga hasil perhitungan anggaran total yang dibutuhkan sekitar Rp22 miliar.

BACA JUGA:Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Tegal Adakan Operasi Pasar di 4 Lokasi

“Total panjang tersebut sekitar 4-6 kilometer. Sebagian besar sudah rusak, struktur pondasinya juga harus diganti bukan hanya ditimpa aspal saja. Tapi alokasi pemkab masih kurang banyak, jadi butuh sokongan dari pusat,” terangnya.

Dalam rencana pembangunan di 2024 ini, dari 19 proyek prioritas. Pihaknya belum memasukan penganggaran khusus untuk perbaikan jenderal Sudirman, hanya akan dimasukkan proyek tambahan. Pasalnya tidak masuk dalam penganggaran APBD 2024, alokasinya berasal dari DAK pusat.

"Adapun 19 proyek jalan itu, rata-rata nilai proyek Rp1-1,5 miliar per jalan," ungkapnya.

BACA JUGA:2 Petugas Pemilu 2024 di Kabupaten Pemalang yang Meninggal Dapat Santunan Kematian

Di antaranya, ujar Joko, Jalan Temuireng-Kendaldoyong, Gejos-Tlagasana, Karangbei-Jatiroyom, Semingkir-Majakerta, Sirangkang-Karangasem dan Pesucen-Sidokare. Kemudian, Jalan Widodaren-Karangasem, Jatirejo-Panjungan, Cibiuk-Ampelgading dan Kreo-Meren.

Selain itu juga, Jalan Blimbing-Kendalsari, Belik-Watukumpul, Pedurungan-Serang dan DI Panjaitan. Lalu, Jalan Pulosari-Karangsari, Perintis Kemerdekaan, Blendung-bertosari, blimbing-kebandaran dan Iser-Kendalsari.

"Kita akan mulai bekerja serentak pada April ini, setelah lelang langsung dibangun sesuai instruksi bupati. Alokasi terbesar ada di Jalan Blimbing-Kendalsari Rp7,2 miliar dari anggaran DAK. Sedangkan Jenderal Sudirman sudah sonding ke pusat, ada titik terang untuk pembangunannya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: