Bit Merah, Makanan Sehat untuk Anemia

Bit Merah, Makanan Sehat untuk Anemia

Bit Merah, Makanan Ajaib untuk Tubuh Sehat dan Bebas Anemia--

DISWAY JATENG - Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hal ini bisa diatasi salah satunya dengan bit merah, makanan sehat untuk anemia.

Jika Anda mengalami anemia, Anda mungkin merasakan gejala seperti lemas, pucat, pusing, sesak napas, atau jantung berdebar. Dengan buah bit, makanan sehat untuk anemia ini bisa mengatasi gejala-gejala yang ada. 

Anemia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kekurangan zat besi, asam folat, vitamin B12, atau tembaga. Untuk mencegah dan mengatasi anemia, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat untuk anemia yang mengandung nutrisi penting untuk pembentukan sel darah merah.

Salah satu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah dan mengatasi anemia adalah bit merah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bit merah adalah makanan sehat untuk anemia.

BACA JUGA: Makanan Sehat untuk Mencegah dan Mengatasi Anemia

1. Bit Merah Kaya Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang sangat penting untuk produksi hemoglobin, yaitu protein yang mengikat oksigen pada sel darah merah. Jika Anda kekurangan zat besi, Anda berisiko mengalami anemia defisiensi zat besi, yang merupakan jenis anemia yang paling umum.

Bit merah adalah salah satu sumber zat besi yang baik dari sumber nabati. Dalam 100 gram bit merah, terdapat sekitar 0,8 mg zat besi¹. Zat besi pada bit merah juga mudah diserap oleh tubuh, terutama jika dikombinasikan dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk atau tomat.

2. Bit Merah Kaya Asam Folat

Bit merah sebagai makanan sehat untuk anemia ternyata kaya asam folat. Asam folat atau vitamin B9 adalah vitamin yang berperan dalam pembelahan dan pertumbuhan sel, termasuk 0sel darah merah. Jika Anda kekurangan asam folat, Anda berisiko mengalami anemia megaloblastik, yaitu jenis anemia di mana sel darah merah menjadi besar dan tidak matang.

Bit merah adalah salah satu sumber asam folat yang baik dari sumber nabati. Dalam 100 gram bit merah, terdapat sekitar 109 mcg asam folat¹. Asam folat pada bit merah juga mudah diserap oleh tubuh, terutama jika dikombinasikan dengan makanan yang kaya vitamin B12, seperti telur atau susu.

BACA JUGA:Penyebab, Gejala dan Cara Mendeteksi Anemia pada Bayi

3. Bit Merah Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang bisa menyebabkan stres oksidatif dan peradangan pada ginjal. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, Anda bisa membantu ginjal untuk memperbaiki diri dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: