Melunasi Utang Pinjol Bisa Tanpa Bayar, Begini 5 Langkah Cerdas Supaya Lepas dari Beban Tagihan

Melunasi Utang Pinjol Bisa Tanpa Bayar, Begini 5 Langkah Cerdas Supaya Lepas dari Beban Tagihan

Melunasi utang pinjol tanpa bayar--

DISWAY JATENG - Sulit lepas dari tagihan pinjaman online? Simak artikel ini sampai tuntas, karena ada cara melunasi utang pinjol bahkan bisa tanpa bayar.

Pinjaman online saat ini merupakan solusi alternatif kebutuhan dana mendesak yang sering digunakan. Namun dengan kemudahan yang diberikan, ada saja nasabah galbay yang sulit melunasi utang pinjol.

Risiko jika galbay yaitu sulit melunasi utang pinjol dan tentunya hal ini merugikan finansialmu. Karena itu, Anda butuh cara dan persiapan matang agar lepas dari beban tagihan pinjaman online.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang kesulitan melunasi utang pinjol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikannya. Namun, perlu diingat bahwa cara-cara ini tidak selalu berhasil.

BACA JUGA:DC Lapangan Pinjol yang Melanggar 3 Aturan ini Gak Perlu Dibayar, Sah Menurut OJK

Untuk melunasi tagihan pinjaman online dibutuhkan persiapan strategi keuangan dan komitmen yang baik. Dengan ini untuk menyelesaikan jeratan pinjol tak lagi jadi masalah.

1. Ajukan Permohonan Keringanan Utang

Cara melunasi utang pinjol pertama yaitu ajukan keringanan. Mengajukan keringanan bisa dilakukan jika Anda keberatan dengan biaya bunga, denda, atau lainnya.

Mengajukan keringanan bisa melalui perusahaan pinjol atau konsultasikan ke lembaga Bantuan Hukum untuk Konsumen (BHK). Untuk mengajukan keringanan di OJK perlu menghubungi kantor OJK terdekat dan siapkan data pendukung.

Tetapi perlu diingat mengajukan keringanan utang ke OJK tidak selalu berhasil. Sebaiknya Anda ajukan saja ke pihak perusahaan pinjol supaya lebih efektif.

BACA JUGA:8 Aplikasi Pinjol Tanpa KTP Terbaru 2024, Langsung Cair Dalam Hitungan Menit

2. Lakukan negosiasi dengan penyedia pinjol

Langkah kedua untuk melunasi utang pinjol yakni dengan negosiasi dengan penyedia pinjaman. Anda bisa minta keringanan seperti perpanjang waktu pembayaran, mengurangi bunga, mengurangi jumlah pembayaran, dan lainnya.

Untuk melakukan negosiasi, kalian perlu bersikap sopan dan kooperatif. Dengan ini memungkinkan perusahaan pinjaman online bisa memberikan keringanan kepada debitur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: