Kenali Anemia Pada Ibu Hamil, Penyebab Hingga Ciri-Cirinya

Kenali Anemia Pada Ibu Hamil, Penyebab Hingga Ciri-Cirinya

Kenali Anemia Pada Ibu Hamil, Penyebab Hingga Ciri-Cirinya--

DISWAY JATENGAnemia merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Anemia pada ibu hamil perlu diwaspadai sebab bisa menyebabkan hal-hal yang kurang menyenangkan untuk kondisi bayi. 

Anemia pada ibu hamil sangat berisiko sebab sebagai darahnya digunakan untuk mencukupi nutrisi bayi dalam kandungan. Nah untuk mengetahui ciri-ciri dan penyebab serta bagaimana cara mengatasinya, kamu bisa simak artikel di bawah ini ya.

Penyebab anemia pada ibu hamil biasanya di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti produksi sel darah merah kondisi kesehatan lainnya. Penurunan kadar hemoglobin pada saat kehamilan dapat disebabkan karena ekspansi volume plasma darah yang lebih besar dibandingkan dengan laju peningkatan sel darah merah. 

Anemia pada ibu hamil juga dapat diatasi dengan mudah namun jangan sampai diabaikan karena dapat berbahaya. Berikut ini beberapa penyebab anemia yang terjadi pada ibu hamil berserta ciri-ciri dan cara mengatasinya. 

BACA JUGA:6 Jenis Sayuran Penambah Darah, Cara Paling Efektif untuk Mengatasi Penyakit Anemia

Selain itu, ibu hamil juga bisa mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Kondisi ini dipicu karena ibu hamil kekurangan asupan yang kaya akan zat besi atau penyerapan besi yang tidak optimal. 

BACA JUGA:10 Gejala Anemia pada Remaja dan Cara Mengatasinya, Salah Satunya Kurang Konsentrasi

Berikut ini beberapa gejala atau ciri-ciri anemia pada ibu hamil :

• Lemah 

• Pusing 

• Sesak nafas

• Jantung berdetak lebih cepat 

• Nyeri dada

• Kulit yang pucat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: