Anggaran Pemeliharaan Lampu PJU Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Nihil, Lakukan Kanibalisme

Anggaran Pemeliharaan Lampu PJU Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Nihil, Lakukan Kanibalisme

KANIBAL - Kabid Prasarana dan Perlengkapan Jalan Dishub lakukan perbaikan PJU ditengah nihilnya anggaran pemeliharaan.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Rupayanya tidak hanya anggaran pemeliharaan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) saja yang nol rupiah. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal juga harus putar otak untuk melakukan perbaikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tahun ini juga nol rupiah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Muhammad  Budi Eko Setyawan melalui Kabid Prasarana dan Perlengkapan Jalan M Noech didampingi Kasi Prasarana Jalan Muhajir menyatakan,  pihaknya sempat mengusulkan anggaran. Untuk pemeliharaan lampu PJU sebesar Rp2,5 miliar. Ajuan tersebut hanya disetujui oleh DPRD sebesar Rp850 juta.

BACA JUGA:TPQ Mujahidin Studi Tiru ke Sakila Kerti Kota Tegal

"Anggaran tersebut hanya cukup untuk membayar honor THL dan perjalanan dinas dalam daerah. Praktis anggaran untuk mendukung pemeliharaan lampu PJU sepanjang tahun ini tidak ada,"ujarnya.

Menurut M Noech, idealnya anggaran pemeliharaan lampu PJU tersebut untuk pengadaan suku cadang bila terjadi kerusakan. Seperti trafo, MCB, timer dan lainnya. Kondisi tersebut masih diperparah dengan adanya aksi pencurian ornamen PJU yang dilakukan oleh tangan- tangan jahil.

"Banyak kabel DX untuk menghubungkan lampu PJU satu dengan lainnya raib. Hal ini seperti yang terjadi di wilayah Warujeja dan Desa Sindang, Kecamatan Dukuhwaru," cetusnya. 

BACA JUGA:Slawi akan Disulap Menjadi Kawasan Wisata

Tidak hanya kabel DXC, namum juga MCB di tiang lampu PJU banyak yang hilang. Termasuk tutup panel sepanjang jalur II Dukuhturi hingga Yonif 407. Hilangnya tutup panel ini dikhawatirkan bila hujan air masuk kedalam tiang akan menyebabkan padamnya lampu.

Praktis selama 4 tahun Dishub belum pernah mendapatkan gelontoran anggaran untuk pemeliharaan lampu PJU. Ajuan tahun ini pun tidak terealisasi oleh badan anggaran.

“Untuk anggaran penambahan titik  lampu PJU tahun 2024 sesuai rencana akan direalisasi sebanyak 63 paket perkerjaan yang bersumber dari dana pokok pikiran DPRD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: