Mau Menjalani Program Kehamilan? Begini Tipsnya!

Mau Menjalani Program Kehamilan? Begini Tipsnya!

Mengonsumsi makanan tinggi PROTEIN dapat membantu program kehamilan Anda--Sumber gambar: Sueweaver Betty Morar

DISWAY JATENG- Mempunyai keturunan adalah dambaan bagi kebanyakan pasangan termasuk pada pasangan yang baru menikah. Oleh karena itu, banyak dari mereka melakukan program kehamilan agar memiliki keturunan sesuai yang diharapkan.

Ketika melakukan program hamil Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar progam kehamilan cepat berhasil. Beberapa hal tersebut seperti pemenuhan nutrisi, pola makan sehat, dan gaya hidup.

Ketiga faktor ini sangat berpengaruh pada kesehatan reproduksi baik wanita maupun pria. Hal ini dapat menjadi penentu keberhasilan suatu program kehamilan. 

Terdapat berbagai gangguan kesehatan reproduksi yang bisa menjadi penghalang bagi jalannya program kehamilan. Seperti Polycystic ovary syndrome (PCOS) pada wanita. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan program kehamilan!

BACA JUGA:5 Gejala Perut Buncit Akibat Kista Ovarium, Berikut Perbedaannya dengan Kehamilan

1. Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat adalah penunjang keberhasilan jalannya suatu program kehamilan. Gaya hidup sehat yang dimaksud seperti menjaga kebersihan lingkungan dan diri.

Termasuk menjaga pola tidur yang sehat dengan tidur yang cukup dan tidak terbiasa begadang. Juga, tidak memiliki kebiasaan minum minuman keras dan merokok, terlebih jika mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru,merikok juga mempengaruhi kesuburan wanita dan pria. Kebiasaan tersebut bisa menurunkan jumlah, bentuk, dan kualitas sperma yang sehat ketika menjalani program kehamilan. 

Selain itu, terdapat banyak bukti yang menunjukkan bahwa kebiasaan merokok kronis bisa menyebabkan produksi sel telur yang lebih sedikit. Kualitas telur yang lebih rendah, dan kerusakan ovarium yang tidak dapat diperbaiki. 

Termasuk kebiasaan begadang juga bisa membuat Anda lebih mudah stres. Sedangkan apabila seseorang sedang stres maka dapat berpengaruh bagi keberhasilan promil yang sedang dilakukan.

Bagi pria, stres bisa mengurangi jumlah sperma dan keinginan untuk berhubungan seks. Sementara pada wanita, stres jangka panjang dapat mengurangi gairah seks dan mengurangi lendir serviks.

2. Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur bisa mempengaruhi program kehamilan, tubuh yang bugar dipercaya mampu meningkatkan kesuburan seseorang. Rutin berolahraga juga dapat mengurangi kadar hormon stres, meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi yang diperlukan untuk pembuahan, dan menurunkan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: