13 Cara Efektif Melunasi Utang dengan Cepat agar Keuangan Tetap Aman

13 Cara Efektif Melunasi Utang dengan Cepat agar Keuangan Tetap Aman

cara melunasi hutang dengan cepat--foto tribun style

DISWAY JATENG - Adakah cara melunasi hutang dengan cepat? Tentu saja ada caranya, asalkan kalian juga berkomitmen kuat untuk melakukan perubahan dalam hidupmu.

Cara melunasi hutang dengan cepat harus bisa kalian lakukan jika memiliki pinjaman. Karena jika sudah terlanjur terlilit hutang, hidup kalian bisa jadi tidak tentram. 

Jika membicarakan seputar finansial termasuk kiat melunasi hutang, pastinya butuh kepraktisan dalam akses perbankan.

Inilah Tips dan Cara Melunasi Hutang Secara Cepat 

1. Mulai dari yang Bunganya Paling Besar

Jika kalian memiliki beberapa hutang, kalian dapat mulai membayar dengan memprioritaskan hutang dengan tingkat bunga tertinggi. Sehingga jumlah bunga yang harus dibayar dalam jangka panjang pun akan berkurang.

2. Buat Daftar Hutang

BACA JUGA:Benarkah Hutang Pinjol Bisa Hangus dalam Waktu 90 Hari? Fintech Tak Boleh Lagi Tagih Nasabah

Cara melunasi hutang secara cepat yang wajib kalian lakukan yaitu membuat daftar semua hutang yang kalian miliki. Catat jumlah utang, suku bunga, dan tenggat waktu pembayaran. Alhasil kalian lebih mudah dalam melacak dan mengatur prioritas pembayaran.

3. Cari Pendapatan Tambahan

Cobalah untuk mencari sumber pendapatan tambahan, contohnya kerja sampingan di luar pekerjaan utama. Uang dari kerja sampingan yang kalian dapatkan bisa digunakan untuk membayar hutang dengan lebih cepat.

4. Jual Barang yang Bisa Dijual

Cobalah lihat barang-barang yang kalian miliki. Apakah ada yang tidak terpakai atau tidak dibutuhkan? Apabila memungkinkan, jual barang yang kalian miliki demi pelunasan hutang.

Contoh barang yang bisa dijual cepat adalah elektronik atau perhiasan dari emas. Barang tersebut bisa dijual untuk mendapatkan uang tambahan yang dapat digunakan untuk melunasi hutang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: