6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wanita

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wanita

Manfaat minyak zaitun untuk wanita salah satunya dapat membantu memudarkan STRETCH MARK--Sumber gambar: Ponte Pretty

Saat hamil bentuk tubuh akan berubah dengan cepat dalam waktu yang singkat, terlebih pada daerah perut, dapat memicu terjadinya stretch mark.

Selain itu, hormon kehamilan juga bisa mengakibatan terjadinya stretch mark, peningkatan hormon yang terjadi saat hamil akab melonggarkan ikatan kolagen. Sehingga merusak elastisitas kulit dan memicu timbulnya stretch mark pada perut ibu hamil.

Untuk mencegah timbulnya masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun. Sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa menggunakan minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi risiko timbulnya stretch mark saat hamil. Meski begitu, manfaat minyak zaitun untuk wanita ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Rahasia Rambut Sehat

4. Menyamarkan bekas luka setelah operasi caesar

Sama seperti prosedur operasi lain, persalinan caesar juga dapat meninggalkan bekas luka. Meskipun tidak berbahaya, bekas luka caesar ini akan mengganggu penampilan.  Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memudarkannya,

manfaat minyak zaitun untuk wanita  tersebut dipengaruhi adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun. Antioksidan tersebut akan membantu menyamarkan bekas luka dengan cara memperbaiki jaringan kulit bekas persalinan caesar.

Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada bekas jahitan persalinan sambil memijat ringan area tersebut. Anda juga bisa mencampur minyak zaitun dan air perasan lemon untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi pada bekas luka jahitan tersebut.

5. Menyembuhkan lecet pada puting saat menyusui

Kandungan antiradang, antibakteri, dan antioksidan, yang terdapat pada minyak zaitun mampu menyembuhkan lecet pada puting saat menyusui. Ketiga kandungan tersebut bisa membantu mempercepat dan memperbaiki pergantian jaringan epitel di payudara.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengoleskan minyak zaitun setiap hari bisa mempercepat penyembuhan lecet pada puting ketika menyusui daripada menggunakan krim yang mengandung lanolin.

6. Mencegah osteoporosis pascamenopause

Menopause dialami oleh setiap wanita akan menyebabkan perubahan hormon ketika terjadi sesudah menopause, perubahan hormon pascamenopause bisa mempengaruhi kepadatan tulang. Hal tersebut dapat menyebabkan  wanita lebih rentan mengalami osteoporosis dibandingkan pria.

Agar menurunkan risiko terkena osteoporosis setelah menopause, Anda dapat memasukkan minyak zaitun ke dalam menu harian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan oleuropein di dalamnya minyak zaitun mampu meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minyak zaitun untuk wanita ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: