5 Penyebab Anemia pada Remaja dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Anemia pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan cara mengatasi anemia pada remaja-Alinea.id-

DISWAYJATENG - Remaja adalah salah satu kelompok usia yang paling rentan terhadap anemia. Penyebab anemia pada remaja biasanya karena asupan zat besi yang tidak memadai.

Cara mengatasi anemia pada remaja adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti daging merah, telur, dan kacang merah.

Anemia merupakan kondisi dimana terjadi penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi anemia pada remaja.

Anemia pada remaja terjadi ketika kebutuhan nutrisi tertentu tidak terpenuhi karena pertumbuhan yang cepat dan terjadinya menstruasi. Salah satu cara mengatasi anemia pada remaja adalah dengan memenuhi asupan nutrisi.

BACA JUGA:Kenali Jenis, Penyebab dan Tips Atasi Anemia Ampuh saat Hamil Trimester 1

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi anemia pada remaja, kita cari tahu terlebih dahulu penyebab anemia pada remaja di bawah ini.

1. Asupan zat besi yang tidak memadai

Bentuk anemia yang paling umum pada remaja adalah anemia defisiensi besi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh remaja tidak memiliki cukup zat besi. Zat besi membantu memproduksi hemoglobin (protein yang mengikat oksigen dalam sel darah merah).

2. Kekurangan vitamin B12 dan asam folat

Anemia pada remaja juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 dan asam folat. Kedua nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh selama pembentukan sel darah merah.

3. Pendarahan

Penyebab anemia pada remaja lainnya adalah penurunan jumlah sel darah merah akibat pendarahan.

BACA JUGA:Kenali Jenis, Penyebab dan Tips Atasi Anemia Ampuh saat Hamil Trimester 1

Remaja putri biasanya mengalami masa menstruasi yang panjang yang tidak disertai dengan nutrisi yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: