Catat, 10 Bahan Makanan Mengatasi Anemia dengan Tepat

Catat, 10 Bahan Makanan Mengatasi Anemia dengan Tepat

makanan mengatasi anemia dengan tepat --

DISWAY JATENG - Salah satu masalah kesehatan yang kerap menimpa kaum hawa adalah anemia. Anemia atau kurang darah adalah kondisi dimana tubuh sel darah merah dalam tubuh kurang dari jumlah normal. Namun ada banyak cara menangani anemia dengan tepat. 

Anemia biasanya diikuti dengan beberapa gejala atau ciri-ciri, seperti lemah dan lelah, kulit terlihat pucat serta sakit kepala. Dengan mengetahui cara menangani anemia dengan tepat, diharapkan gejala tersebut bisa hilang. 

Orang yang terkena anemia juga biasanya merasakan tangan dan kaki dingin, radang, kuku rapuh serta nyeri dada atau detak jantung cepat. Anda harus tahu apa saja cara menangani anemia dengan tepat. 

Berikut akan dijelaskan tips alami menangani anemia dengan tepat yang bisa Anda lakukan. Diantaranya dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini. 

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Anemia pada Ibu Hamil, Gejala, dan Cara Mengatasinya

1.Apel

Buah apel dipercaya dapat menghindarkan kekurangan darah. Apel memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, zat besi, dan serat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah ini bisa didapatkan dengan mudah di toko buah sekitar kita.

2.Sayur Bayam

Sayur hijau sangat terkenal memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi inilah yang berguna dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Sehingga dipercaya dapat membantu mencegah anemia.

3.Kurma

Menangani anemia dengan tepat salah satunya dengan mengonsumsi Kurma. Buah asal Timur Tengah ini mengandung mineral dan zat besi yang tinggi dan bermanfaat untuk mencegah dan mengobati anemia. Selain itu kurma bermanfaat untuk membentuk energi yang dapat mencegah letih dan lesu.

BACA JUGA:Ini 10 Sayuran Penambah Darah, Penderita Anemia Wajib Tau!

4.Delima

Delima mengandung nutrisi baik seperti, zat besi, vitamin A, C dan E dipercaya dapat meningkatkan sel darah merah. Selain bermanfaat untuk penderita anemia, delima juga bermanfaat untuk mencegah penyakit dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

5.Buah Bit

Menangani anemia dengan tepat selanjutnya adalah mengonsumsi buah bit. Buah mengandung zat besi, serat, asam folat dan kalium. Pengolahan buah bit yang dianjurkan adalah dengan dibuat jus.

Buah bit merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah yang dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

6.Daging

Daging merah dipercaya dapat mengatasi anemia, karena kandungan zat besi tinggi yang dimilikinya. 

7.Tahu

Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang bisa mengatasi anemia dengan tepat. Tahu memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mencegah dan mengobati anemia. Tahu berasal dari kedelai sebagai sumber protein memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

BACA JUGA:Waspada Resiko Penyakit Jantung! Kenali Bahaya Kelebihan Zat Besi Dan Cara Pencegahannya

8.Brokoli

Makanan lain yang bisa mengatasi anemia adalah brokoli. Sayuran hijau ini mengandung zat besi dan vitamin C, vitamin C ini dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh dengan baik.

9.Madu

Madu memiliki kandungan zat besi dapat mencegah dan mengobati anemia. Karena kandungan nutrisi yang baik di dalamnya, madu dipercaya untuk mengobati lemah, letih, lesu dan beberapa keluhan lainnya.

10.Coklat

Selain meningkatkan suasana hati, segelas coklat hangat dapat memberikan manfaat untuk memperbaiki sel darah merah. Karena coklat dalam dark coklat memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Demikian beberapa bahan makanan yang bisa mengatasi anemia dengan tepat. Bahan makanan tersebut sangat mudah didapatkan, dan memiliki manfaat yang luarbiasa untuk tubuh kita.

Namun, jika kondisi sudah tidak memungkinkan lagi, ada baiknya untuk menghubungi pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan saat anemia melanda. Semoga bermanfaat.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: