Manfaat Lidah Buaya untuk Meredakan Sakit Gigi. Simak 3 Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Manfaat Lidah Buaya untuk Meredakan Sakit Gigi. Simak 3 Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

--

DISWAYJATENG - Manfaat lidah buaya ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan. Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. 

Namun tahukah kamu bahwa manfaat lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan masalah gusi?

Sakit gigi adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Gejalanya dapat membuat kamu sulit untuk makan dan berbicara, bahkan terkadang menyebabkan suasana hati yang buruk. Manfaat lidah buaya mungkin bisa menjadi opsi untuk meredakan sakit gigi.

Dalam beberapa kasus, manfaat lidah buaya bisa di manfaatkan tanpa perlu mengunjungi dokter gigi. Namun, mungkin memerlukan perawatan oleh dokter. Pengobatan sakit gigi tergantung pada penyebab yang mendasarinya. 

Biasanya, dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit dan merekomendasikan prosedur medis lebih lanjut seperti pencabutan gigi atau perawatan saluran akar. Selain perawatan dokter, beberapa orang telah ditemukan menggunakan manfaat lidah buaya untuk mengobati sakit gigi.

BACA JUGA:10 Cara untuk Atasi Ketombe Membandel dengan Lidah Buaya

Baca ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat lidah buaya!

1. Efek antibakteri

Sakit gigi sering kali disebabkan oleh kerusakan gigi akibat infeksi bakteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya lebih efektif daripada pasta gigi komersial dalam menghambat bakteri penyebab kerusakan gigi.

Efek ini disebabkan oleh senyawa antrakuinon, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membunuh mikroorganisme yang berbahaya bagi gigi.

Selain itu, gel lidah buaya tidak ada kandungan abrasif, sehingga tidak terlalu keras pada gigi dan cocok untuk orang dengan gigi sensitif.

2. Obat periodontitis

Sakit gigi dapat disebabkan oleh masalah pada gusi. Contohnya adalah periodontitis, infeksi gusi yang merusak jaringan lunak. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat merusak tulang yang menopang gigi.

Akibatnya, gigi menjadi longgar dan mudah copot. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan gel lidah buaya dapat mengobati sakit gigi ini karena membantu penyembuhan gigi lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: