Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Asam Lambung. Berikut 5 Cara Membuatnya

Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Asam Lambung. Berikut 5 Cara Membuatnya

Manfaat konsumsi lidah buaya untuk asam lambung-Kesehatan - KONTAN-

DISWAYJATENG - Selain baik untuk kesehatan kulit, manfaat lidah buaya untuk mengatasi asam lambung juga tak terbantahkan. 

Manfaat lidah buaya ini diduga mengandung senyawa aktif yang meredakan gejala refluks asam lambung. Di sisi lain, lidah buaya juga memiliki potensi risiko jika tidak digunakan dengan benar.

Manfaat lidah buaya dapat digunakan sebagai salep alami untuk mengobati iritasi kulit, serta digunakan sebagai minuman herbal untuk meredakan gejala asam lambung.

Berbagai macam manfaat lidah buaya dipercaya dapat menenangkan perut dan mengurangi sensasi terbakar atau rasa panas di dada yang sering muncul saat asam lambung naik.

BACA JUGA:10 Manfaat Krim Lidah Buaya untuk Wajah

1. Fakta Tentang Efek Lidah Buaya Terhadap Asam Lambung

Gejala asam lambung sering dikeluhkan ketika asam dalam lambung naik ke kerongkongan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman yang terbuat dari lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi keasaman lambung.

Sifat anti-inflamasi lidah buaya diketahui disebabkan oleh berbagai senyawa aktif dalam lidah buaya, termasuk aloin, flavonoid, fenilpiron, fenilpropanoid, kumarin, dan fitosterol.

Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa jus lidah buaya tidak mengganggu kerja obat asam lambung yang sudah ada seperti antasida dan omeprazole. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan keefektifannya.

BACA JUGA:7 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Wajah

Selain meredakan gejala asam lambung, jus lidah buaya juga diketahui dapat melancarkan pencernaan, membuang racun dari dalam tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Risiko dan keamanan lidah buaya untuk mengatasi asam lambung

Minuman lidah buaya umumnya aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping. Namun, jus lidah buaya dapat menyebabkan diare pada beberapa orang.

Penderita diabetes juga tidak dianjurkan untuk minum jus lidah buaya tanpa berkonsultasi dengan dokter. Hal ini karena minuman ini dapat meningkatkan efek obat diabetes dan menyebabkan hipoglikemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: