Nasabah Galbay INDOSAKU, Apakah Ada DC Lapangan yang Datang ke Rumah?

Nasabah Galbay INDOSAKU, Apakah Ada DC Lapangan yang Datang ke Rumah?

galbay indosaku apakah ada dc lapangan--foto kupas online

DISWAY JATENG - Secara umum, proses penagihan nasabah galbay atau gagal bayar di pinjol Indosaku dilakukan melalui telepon dan kunjungan, yang bisa melibatkan debt collector pihak ke-3. Namun, apakah ada DC lapangan yang datang ke rumah?

Dimungkinkan DC lapangan datang ke rumah untuk menagih bahkan menghubungi keluarga, teman atau saudara. Namun sebagai penyelenggara P2P Legal berizin OJK, Indosaku wajib tunduk pada kode etik penagihan yang sudah ditetapkan OJK dan AFPI untuk melindungi kepentingan konsumen.

Informasi ada tidaknya DC lapangan yang datang ke rumah wajib diketahui nasabah Indosaku yang gagal bayar. Sehingga tidak panik atau bisa mengantisipasinya dengan baik.

Simak informasi selengkapnya soal bagaimana proses pinjol Indosaku melakukan collection ke nasabah yang menunggak, apakah ada DC lapangan yang datang kerumah atau tidak. 

BACA JUGA:Pinjol Indosaku Legal atau Ilegal? Kenali Ciri-cirinya Supaya Tak Terjebak Gagal Bayar

1. Peringatan Warning Letter dari Indosaku

Lewat dari tanggal jatuh tempo, biasanya 3 hari grace period, tim penagih akan mulai bekerja dengan mengirim pesan ke debitur sebagai upaya peringatan untuk membayar pinjaman.

Namanya, warning letter namun dalam prakteknya tidak ada surat yang dikirimkan ke nasabah yang galbay. Biasanya dikirimkan dalam bentuk pesan di aplikasi, SMS atau WhatsApp.

2. Indosaku Collection Galbay

Di dalam perjanjian pinjam meminjam P2P, penyelenggara seperti Indosaku punya kewajiban melakukan proses penagihan atas nama Lender. Dan secara teknis penyelenggara lebih paham cara dan teknis collection dibandingkan Lender.

Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan pinjol mulai melakukan proses penagihan.

Sebagai perusahaan P2P Lending, Indosaku harus memastikan bahwa pinjaman yang sudah diberikan bisa kembali karena Indosaku juga punya kewajiban kepada pemberi pinjaman atau lender yang sudah mempercayakan uang mereka di platform P2P.

Proses penagihan terdiri dari :

  • Field Collection Lapangan yaitu penagihan yang dilakukan secara langsung melalui kunjungan ke rumah, daerah/tempat domisili.
  • Desk Collection yaitu penagihan yang menggunakan sarana-sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain.

Kedua cara diatas, desk dan field collection, dalam pelaksanaanya dibagi menjadi beberapa tahap penagihan yaitu Front End, Mid Range, Back End Collection, Area/domisili Penerima Pinjaman dan Hari Keterlambatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: