Ini Dia Makanan Penyebab Perut Buncit

Ini Dia Makanan Penyebab Perut Buncit

JUNK FOOD. menjadi salah satu makanan penyebab perut buncit yang harus Anda hindari--sumber gambar: Freepik

DISWAY JATENG – Perut buncit adalah masalah umum yang banyak di hadapi banyak orang. Selain factor genetic, dan gaya hidup tidak sehat, ternyata ada juga makanan penyebab perut buncit yang jarang diketahui.

Mengkonsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan buncit. Banyak yang beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan yang tergolong sehat itu dapat mengecilkan perut buncit.

Ternyata faktanya, ada beberapa makanan yang tergolong sehat namun makanan tersebut menjadi makanan penyebab perut buncit loh. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

BACA JUGA:9 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit yang Aman, Bisa Dilakukan di Rumah

Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi

Makanan seperti daging merah berlemak, makanan olahan, mentega, dan keju tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut. Lemak jenuh cenderung sulit dicerna dan diserap oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan perut buncit.

Sebaiknya pilih sumber makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, ikan berlemak sehat, dan minyak zaitun. Dan sebaiknya kamu menghindari makanan penyebab perut buncit tersebut agar badan tetap ideal.

Makanan Tinggi Gula

Konsumsi gula berlebihan, terutama dalam bentuk makanan olahan dan minuman manis dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Gula tambahan dalam makanan dan minuman dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan penumpukan lemak di area perut.

Batasi konsumsi makanan manis dan gantilah dengan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin. Dan kamu juga disarankan untuk membatasi makanan penyeba perut bucit agar terhindar dari lemak di perut.

Karbohidrat Olahan

Makanan tinggi karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi. Hal ini berarti makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Konsumsi karbohidrat olahan secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan sekitar perut. Sebaiknya, pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, dan quinoa.

Minuman Berkarbonasi dan Beralkohol

 Selanjutnya makanan penyebab perut buncit yaitu minuman berkarbonasi dan beralkohol. Minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman beralkohol mengandung banyak gula dan kalori kosong.

Konsumsi minuman ini secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan perut bunciit. Lebih baik, minum air putih, teh herbal, atau infused water untuk menjaga hidrasi dan mencegah perut buncit.

BACA JUGA:6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Efektif Bakar Lemak Membandel

Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan pedas dan berlemak dapat menyebabkan perut terasa kembung dan peradangan di saluran pencernaan. Ini dapat menyebabkan perut terlihat buncit, dan menjadikan perut buncit karena kembung.

Sebaiknya, pilihlah makanan ringan yang mudah dicerna seperti sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak.

Makanan yang Mengandung Serat Rendah

Konsumsi makanan yang rendah serat seperti makanan olahan, makanan siap saji, dan makanan manis dapat menyebabkan perut terasa kembung dan buncit. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengurangi resiko sembelit.

Pastikan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan,

Makanan yang Mengandung Laktosa

Beberapa orang memiliki toleransi laktosa, yaitu ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa, gula yang terdapat dalam produk susu. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa dapat menyebabkan perut kembung dan buncit.

Jika anda mengalami gejala toleransi laktosa, hindari atau batasi konsumsi produk susu, atau pilih produk susu yang rendah laktosa atau bebas laktosa.

Makanan yang Dikonsumsi Terlalu Cepat

Mengkonsumsi makanan terlalu cepat dapat menyebabkan udara terperangkap di dalam perut, yang dapat menyebabkan perut terasa kembung dan buncit. Selain itu, makan dengan terburu-buru juga dapat mengganggu proses pencernaan.

Usahakan untuk makan dengan perlahan, menguyah dengan baik, dan hindari makan dalam posisi terlentang.

BACA JUGA:5 Makanan Sehat untuk Mengecilkan Perut Buncit

Itulah beberapa makanan penyebab perut buncit yang bisa kamu hindari. Selalu terapkan pola hidup sehat agar tubuh senantiasa sehat dan berat badan pun ideal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: