Membuat Rambut Berkilau Sehat Alami, Begini Tips Merawatnya!

Membuat Rambut Berkilau Sehat Alami, Begini Tips Merawatnya!

RAMBUT BERKILAU. Kuncinya adalah dengan melakukan perawatan yang benar dan tepat.--Sumber gambar: Batik Bedjo

DISWAY JATENG - Rambut berkilau merupakan pertanda jika seseorang memiliki rambut yang sehat. Sayangnya, hanya sedikit yang mengetahui bagaimana cara merawat rambut berkilau, sehat alami agar tetap lembut, halus setiap hari.

Bukan hanya sebatas membersihkan rambut dari debu dan kotoran yang menempel ketika beraktivitas di luar ruangan. Membuat rambut berkilau sehat alami dengan merawat secara rutin untuk menutrisi rambut sekaligus mengobati berbagai masalah seperti rambut rusak, kusut, kusam, dan sulit diatur.

Rambut juga dapat mengalami dehidrasi atau kekeringan akibat penggunaan alat styling rambut, mewarnai rambut, paparan sinar matahari, dan cuaca. Tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat membantu Anda membuat rambut berkilau.

Tak perlu melakukan perawatan mahal di salon kecantikan untuk mendapatkan rambut berkilau sehat alami. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan rambut yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Perhatikan Kesehatan Kulit Kepala

Kulit kepala yang bersih dan sehat adalah kunci dari kesehatan rambut, juga membantu pertumbuhan rambut dengan baik. Anda perlu membersihkan kulit kepala secara teratur, pori-pori yang bersih dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Gunakan shampo dengan bahan alami seperti tea tree oil atau chamomile untuk membersihkan tanpa merusak keseimbangan alami kulit kepala.

2. Pilih Shampo yang Sesuai dengan Masalah Rambut

Menentukan shampo yang sesuai dengan masalah rambut adalah langkah yang dapat membuat rambut berkilau dan sehat. Jika memiliki rambut berminyak, pilihlah shampo yang mengandung tea tree oil yang membantu mengontrol produksi minyak berlebih.

Untuk rambut kering, pilihlah shampo yang mengandung bahan pelembab seperti argan oil. Perhatikan pula apakah shampo tersebut mengandung bahan alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut yang Rusak dan Kering, Suburkan Mahkota Super Cepat

3. Bilas Rambut Menggunakan Air Dingin

Setelah keramas, membilas rambut menggunakan air dingin dapat memberikan manfaat yang besar. Hal ini dapat membantu menutup kutikula rambut, lapisan pelindung di batang rambut, sehinga membuat rambut berkilau dan halus.

Selain itu, air dingin juga membantu mengunci kelembapan rambut, mencegahnya menjadi kering dan mengembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: