Tips Merawat Rambut Supaya Terhindar Dari Uban

Tips Merawat Rambut Supaya Terhindar Dari Uban

Simak 7 cara merawat rambut beruban-Bisnis Style-

DISWAY JATENG – Rambut beruban merupakan masalah yang umum dialami oleh setiap orang usia lanjut. Namun, dengan merawat rambut dengan tepat, kamu bisa mencegah atau memperlambat proses beruban pada rambut. 

Merawat rambut supaya terhindar dari uban memang membutuhkan perhatian yang khusus. Mulai dari mengatur pola makan, gaya hidup serta menghindari stress yang berlebihan.

Merawat rambut agar tidak beruban juga bisa dilakukan dengan alami. Tak jarang banyak orang yang malah menggunakan bahan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia untuk menghitamkan rambut beruban.

Kini, kamu dapat memiliki rambut yang sehat dan terhindar dari uban dengan melakukan tips merawat rambut berikut.

BACA JUGA:Rambut Beruban, Benarkah Karena Faktor Usia Saja? Berikut 6 Penyebab Munculnya Uban

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga Kesehatan rambut. Pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A,B,C dan E serta zat besi dan protein untuk merawat rambut supaya terhindar dari uban.

Makanan seperti telur, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau dan ikan adalah contoh makanan yang baik untuk Kesehatan rambut.

Hindari Stress Berlebih

Stress yang berlebihan ternyata dapat mempengaruhi Kesehatan rambut kamu. Cobalah untuk mengurangi stress dengan melakukan aktivitas yang membuat kamu rileks.

Seperti yoga, mediasi, atau olehraga dapat membuat tubuh anda menjadi rileks. Selain itu, tidur yang cukup dan pola tidur yang teratur juga dapat membantu mengurangi stress.

Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut kamu. Gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung bahan alami dan bebas dari bahan kimia keras akan merawat rambut kamu supaya terhindar dari uban.

Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia seperti, amonia dan hydrogen peroksida, karena bahan tersebut dapat merusak rambut.

Jaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Rajinlah mencuci rambut dan kulit kepala dengan sampo yang lembut. Hindari mencuci rambut terlalu sering atau terlalu jarang, karena dapat menganggu keseimbangan minyak alami di kulit kepala.

Selain itu, jangan menggosok rambut terlalu keras saat mencuci atau mengeringkannya. Karena hal tersebut dapat merusak helai rambut kamu.

BACA JUGA:Mencegah Rambut Beruban: Tips dan Trik yang Efektif

Hindari Penggunaan Alat Pemanas Rambut

Penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, catok, atau curling iron dapat merusak rambut dan membuatnya lebih rentan terhadap uban. Jika memungkinkan, biarkan rambut mengering secara alami dan hindari penggunaan alat pemanas secara berlebihan.

Sehingga jika kamu ingin merawat rambut supata terhindar dari uban, hindari pemakaian alat pemanas rambut secara berlebihan.

Rutin Potong Ujung Rambut

Memotong ujung rambut secara rutin dapat membantu menghilangkan ujung rambut yang rusak dan bercabang. Hal ini juga dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada rambutnya tetap sehat.

Merawat rambut dengan cara memotong ujung rambut juga dapat mencegah munculnya uban karena kerusakan rambut. Kamu bisa melakukan secara rutin setiap rambut terlihat bercabang dan rusak.

Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari yang terkena pada kepala ternyata dapat membuat rambut menjadi rusak. Tak hanya itu, efek buruk sinar matahari pada siang hari juga sangat tak baik untuk kulit.

Kamu bisa menggunakan topi atau payung saat berada di bawah sinar matahari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung SPF untuk melindungi rambut kamu.

BACA JUGA:7 Tips Sederhana yang Bisa Diakukan di Rumah untuk Merawat Rambut Beruban

Dengan mengikuti tips diatas, kamu dapat merawat rambut supaya terhindar dari uban. Ingatlah bahwa perawatan rambut yang baik membutuhkan kesebahan dan konsistensi.

Jaga Kesehatan rambut kamu dan nikmati rambut yang indah dan berkilau. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: