8 Cara Alami Menghitamkan Rambut yang Beruban

8 Cara Alami Menghitamkan Rambut yang Beruban

rambut hitam sehat--

DISWAY JATENG – Rambut beruban adalah hal yang umum sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Menghitamkan rambut beruban bisa saja dengan dengan menyemir rambut, namun hal tersebut dilarag dalam Islam, namun tenag saja ada cara alami menghitamkan rambut beruban.

Memiliki rambut yang beruban, bagi sebagian orang merupakan masalah yang menganggu penampilan. Sehingga banyak orang yang menginginkan cara alami menghitamkan rambut yang beruban.

Kamu bisa melakukan cara alami menghitamkan rambut beruban dengan bahan yang ada di dapur. Bahan-bahan tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan bawang putih.

Jika kamu ingin cara alami menghitamkan rambut yang beruban tanpa bahan kimia atau pewarna rambut, berikut adalah 10 cara yang bisa kamu coba.

BACA JUGA:Rambut Beruban, Benarkah Karena Faktor Usia Saja? Berikut 6 Penyebab Munculnya Uban

1. Minyak Almond dan Minyak Zaitun

Campurkan minyak almond dan minyak zaitun dalam jumlah yang sama. Panaskan campuran minyak tersebut kemudian tunggu sampai hangat atau dingin lalu oleskan ke rambut.

Pijatkan secara merata ke kulit kepala dan rambut kamu selama 30-45 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini secara teratur untuk membantu menghitamkan rambut yang beruban secara alami.

2. Teh Hitam

Teh hitam mengandung zat warna alami yang dapat membantu menghitamkan rambut. Rebus teh hitam kedalam air mendidih selama beberapa menit, setelah teh dingin gunakan sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

Biarkan teh hitam meresap ke rambut selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung enzim yang dapat membantu menghasilkan pigmen alami yang membantu menghitamkan rambut. Hancurkan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan minyak kelapa.

Oleskan campuran ke kulit kepala dan rambut kamu, pijat dengan lembut dan biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ini salah satu cara alami menghitamkan rambut beruban.

BACA JUGA:Rambut Beruban Walau Umur Masih Muda? Jangan Bingung, Ini Cara Mengatasinya

4. Henna

Henna adalah bahan alami yang telah lama digunakan untuk mewarnai rambut. Henna dapat memberikan warna merah coklat gelap pada rambut.

Kamu bisa mencampurkan bubuk henna dengan teh hitam atau kopi untuk menghasilkan warna yang lebih gelap. Aplikasikan campuran tersebut ke rambut secara merata dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air bersih.

5. Amla

Cara alami menghitamkan rambut beruban selanjutnya adalah menggunakan Amla atau gooseberry India. Bahan ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu menghitamkan rambut. Kamu dapat menggunakan amla dalam bentuk bubuk atau jus.

Campurkan bubuk amla dengan air sehingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan ke rambut selama1-2 jam sebelum dibilas. Jika menggunakan amla berbentuk jus, gunakan sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

6. Biji Kenari

Biji kenari mengandung selenium dan omega 3 yaitu asam lemak yang dapat membantu membuat rambut menjadi hitam. Sangrai biji kenari dan giling menjadi bubuk halus, kemudian campurkan bubuk kenari dengan minyak zaitun.

Lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala, biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat pelembab alami yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan mencegah uban. Ambil gel lidah buaya segar dan olehkan ke rambut secara merata.

Biarkan selama 1-2 jam sebelum dibilas menggunakan air hangat.

8. Biji Jintan Hitam

Biji jintan juga dikenal sebagai ginella sativa, mengandung zat warna alami yang dapat membantu membut rambut hitam. Sangrai biji jintan hitam dan giling sehingga menjadi bubuk halus.

Campurkan bubuk biji jintan dengan minyak kelapa, lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30-45 menit kemudian bisa kamu bilas menggunakan air bersih.

BACA JUGA:7 Tips Sederhana yang Bisa Diakukan di Rumah untuk Merawat Rambut Beruban

Cara alami menghitamkan rambut beruban membutuhkan waktu dan kesabaran. Metode alami ini mungkin tidak memberikan hasil instan seperti pewarna rambut kimia.

Namun bahan alami tersebut dapat membantu memperbaiki Kesehatan rambut kamu. Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba metode apa pun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: