Takut dengan DC Lapangan? Begini Mengatasinya!

Takut dengan DC Lapangan? Begini Mengatasinya!

PINJOL - Cara Menghadapi DC Lapangan yang datang ke rumah--

DISWAY JATENG - Pinjaman online (pinjol) merupakan alternatif bagi banyak orang. Apalagi jika membutuhkan dana tunai dalam jumlah besar dan membutuhkannya dalam waktu yang cepat. Namun, tak sedikit yang takut dengan DC lapangan. 

Debt Collector atau DC lapangan biasanya menjadi momok bagi nasabah jika tidak dapat membayar pinjaman dan bunganya dalam tempo yang telah ditentukan. Banyak yang takut dengan DC Lapangan karena terkesan seram dan sangar saat melakukan penagihan.

Takut dengan DC Lapangan merupakan hal yang banyak dirasakan nasabah. Baik pinjaman dana melalui pinjaman online, perbankan, maupun koperasi memilikinya. Terlebih ketika nasabah mengalami keterlambatan dalam melakukan pembayaran maupun gagal membayar.

Takut dengan debt collector menjadi ancaman bagi debitur yang enggan maupun sulit ketika dilakukan penagihan. Ada beberapa hal yang diperhatikan agar tidak perlu Takut dengan DC Lapangan:

BACA JUGA : 10 Pinjol yang Punya DC Lapangan Terbaru 2024, Praktik Penagihan Aman Tanpa Teror

1. Tanyakan Identitas

Pertama, jangan panik saat debt collector mendatangi rumah untuk melakukan penagihan pinjaman. Sambut DC dengan sopan dan tanyakan identitas dari DC lapangan tersebut resmi atau tidak.

Tanyakan juga dari mana DC lapangan ini, berasal dari platform apa. Yang tentunya asal DC ini sesuai dengan platform yang dipinjam, agar tidak terjadi salah tagih.

Tidak lupa juga dengan siapa penanggung jawab dari DC lapangan tersebut, yang membuat nasabah dapat menghubunginya jika DC melakukan hal berbahaya.

2. Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Takut dengan DC Lapangan ini merupakan cara yang wajib dilakukan untuk menghadapi DC lapangan. Kartu sertifikasi resmi ini merupakan hal yang wajib dimiliki oleh para penagih pinjaman online.

Sertifikat ini biasanya diperoleh dari APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia). Sertifikat ini bertujuan untuk menunjukkan aktivitas dari profesi penagih utang ini, yang tentunya mangikat penagih hutang.

BACA JUGA : Nasabah Jangan Sampai Galbay, Inilah Daftar 10 Pinjol yang Memiliki DC Lapangan Datang ke Rumah Terbaru 2024

3. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Jika Takut dengan DC Lapangan melakukan penyitaan barang jika Anda macet bayar maupun gagal dalam melakukan pembayaran. Minta sertifikat jaminan fidusia, saat penagih hendak melakukan penyitaan.

Namun ketika DC lapangan tidak dapat menunjukkan sertifikat jaminan fidusia. Tolak penyitaan barang dengan cara yang halus pada DC lapangan.

Akan tetapi, tetap berjanji akan melakukan pembayaran pinjaman sesuai bunga yang ditetapkan. Bukan semakin menghindar dan enggan membayar pinjaman dan bunga yang semakin berkembang setiap harinya.

4. Cari Tahu Surat Kuasa Penagihan, Jika Dilakukan Penyitaan Barang

Terakhir adalah surat kuasa penagihan, surat ini sangat penting bagi DC untuk melakukan penagihan pada debitur yang macet bayar. Debitur juga harus memperhatikan dan menyanyakan tentang hal ini.

Dengan adanya surat kuasa penagihan, berarti penagihan yang dilakukan resmi dan akan berjalan sesuai aturan. Dan juga debitur juga tidak boleh menghindar dari proses penagihan pinjaman.

BACA JUGA : Kapan DC Lapangan Kredivo Datang ke Rumah? Berikut Tips Tepat Hadapi Penagih Pinjol

Diatas merupakan beberapa cara agar tidak Takut dengan DC Lapangan jika melakukan macet bayar yang dapat dilakukan debitur. Namun, sebagai debitur sebaiknya melakukan pembayaran sesuai waktu.

Jika membayar tidak sesuai jangka waktu yang telah disetujui saat melakukan pinjaman  maka akan menyebabkan besarnya beban finansial. Dari mulai bunga dan seringnya ditagih oleh DC baik dihubungi maupun datang langsung ke rumah.

Dengan melakukan pembayaran sesuai tanggal jatuh tempo akan membuat bunga pinjaman tidak semakin banyak dan membengkak. Dan juga akan membuat riwayat pinjaman Anda menjadi bagus.

Jika riwayat pinjaman bagus akan membuat pengajuan pinjaman di kemudian hari menjadi lebih mudah. Jadi bijaklah dalam mengajukan pinjaman dan melakukan pembayaran agar tidak memiliki beban finansial di masa yang akan datang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: