5 Cara Mengusir DC Pinjol yang Datang ke Rumah di Malam Hari, Aman dan Efektif

5 Cara Mengusir DC Pinjol yang Datang ke Rumah di Malam Hari, Aman dan Efektif

Cara mengusir DC pinjol yang datang ke rumah--

DISWAY JATENG - Didatangi DC lapangan ke rumah? Tenang saja, kini ada beberapa cara mengusir DC pinjol yang datang ke rumah dan aman untuk dilakukan.

Keberadaan debt collector (DC) pinjol menjadi fenomena yang kerap menimbulkan kecemasan bagi debitur. Dengan ini, Anda perlu cara mengusir DC pinjol yang efektif untuk dilakukan.

Walaupun sudah ada aturan dari OJK, pihak penagih utang masih menggunakan praktik penagihan yang tidak etis. Manfaat cara mengusir DC lapangan dapat mencegah debt collector yang menagih tidak sesuai aturan.

Berdasarkan Peraturan OJK No.77/POJK.01/2016 debt collector pinjol hanya dibolehkan menagihan pada jam kerja. Yaitu pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Penting bagi nasabah mengetahui cara mengusir DC pinjol yang datang ke rumah pada malam hari.

Cara mengusir DC pinjol yang datang ke rumah

Dibawah ini terdapat cara-cara yang paling efektif untuk menghadapi para penagih utang, yang melakukan penagihan di malam hari. Cara-cara ini bisa dilakukan dan sesuai dengan aturan, sehingga tidak akan terindikasi pelanggaran.

BACA JUGA:Begini Aturan Baru Penagihan oleh DC Pinjol dari OJK, Debt Collector Dilarang Asal Tagih

1. Tetap Tenang dan Jangan sampai Terpancing Emosi

Cara mengusir DC pinjol yang pertama, takni jangan sampai Anda terpancing emosi. Hal ini dikarenakan DC pinjol seringkali memanfaatkan emosi nasabah untuk mendapatkan keuntungan.

2. Identitas DC Harus Sesuai

Sebelum melakukan pembicaraan dengan DC lapangan, sebaiknya memastikan memeriksa identitas debt collector terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa merekan benar-benar utusan dari penyedia pinjaman.

DC pinjol dari platfrom legal pasti memiliki identitas jelas seperti KTP dan surat tugas penagihan. Apabila DC pinjol tidak memiliki identitas tersebut, Anda berhak untuk mengusir mereka.

3. Cara mengusir DC pinjol dengan Membatasi Akses DC ke Rumah

Apabila DC lapangan datang ke rumah, Anda berhak untuk melarang masuk ke dalam rumah. Apabila DC memaksa masuk ke rumah, Anda dapat meminta bantuan kepada pihak keamanan seperti polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: